Sakit Mata Pada Anak: 8 Tanda dan Cara Pencegahannya

Mengenali sakit mata pada anak saya? Apakah perlu?

Sakit mata pada anak? Apakah anda tahu?. 80 persen dari apa yang dipelajari oleh anak anda dilakukan secara visual oleh para guru di sekolah. Apa yang terjadi jika anak anda mengalami gangguan pada penglihatan mata?. Tentu hal tersebut akan berpengaruh terhadap perkembangan akademik anak anda. Disini kami menyediakan bagi anda informasi mengenai tanda-tanda sakit mata pada anak yang harus anda waspadai sedini mungkin sebagai orang tua.

1. Konsisten duduk dekat dengan TV atau membaca buku terlalu dekat

sakit mata pada anak

Terlalu dekat ketika sedang melihat TV akan merusak mata anak anda, dan tentu akan menjadi suatu peringatan dini bagi anda apabila anak anda tidak ingin mengalami masalah penglihatan kedepannya. Apabila kondisi selanjutnya anak anda tidak bisa secara jelas melihat televisi atau membaca buku secara dekat, maka itu merupakan tanda sakit mata yaitu rabun jauh. sakit mata pada anak, sakit mata pada anak, sakit mata pada anak, sakit mata pada anak, sakit mata pada anak, sakit mata pada anak, sakit mata pada anak, sakit mata pada anak, sakit mata pada anak, sakit mata pada anak, sakit mata pada anak, sakit mata pada anak, sakit mata pada anak, 

2. Menggosok mata terlalu sering

sakit mata pada anakMenggosok mata?. Ya, jika anak-anak anda sering menggosok mata mereka ketika mereka lelah atau kesal maka itu hal yang biasa. Tapi jika anak anda menggosok matanya saat dia mencoba untuk berkonsentrasi pada sesuatu, atau saat ia sedang aktif melakukan pekerjaan tertentu, itu bisa berarti bahwa ia memiliki masalah penglihatan.

3. Kehilangan lokasi tulisan saat membaca atau menggunakan jari untuk memandu mata ketika membaca

sakit mata pada anakKetika anak-anak belajar membaca dan mendengar kata-kata tertentu, mereka akan sering menggunakan jari mereka untuk melacak kata yang mereka baca atau dengar. Tapi pada akhirnya mereka harus meninggalkan kebiasaan ini, karena mereka harus bisa fokus dan tidak kehilangan lokasi dari apa yang mereka baca. Jika setelah beberapa lama, anak anda masih menggunakan jarinya untuk membantunya membaca dengan baik, maka mintalah ia untuk membaca dengan suara keras tanpa harus menunjuk. Jika dia memiliki masalah, maka anak anda mungkin memiliki masalah penglihatan.

4. Sensitivitas terhadap cahaya yang berlebihan

sakit mata pada anakApakah mata anak anda sangat sensitif terhadap ruangan bercahaya, sinar matahari atau kamera berkedip? Anak-anak dengan fotofobia, atau sensitivitas ekstrim terhadap cahaya, dapat berkembang menjadi sakit kepala dan mual. Perlu anda ketahui, sensitivitas cahaya dapat menjadi gejala dari kondisi mata sakit yang parah di masa yang akan datang.

5. Menutup satu mata untuk membaca atau menonton TV

sakit mata pada anakSering menutup satu mata bisa mengindikasikan masalah sakit mata pada anak, yaitu penglihatan bias atau binokular yang mengganggu kemampuan kedua mata untuk bekerja sama dengan nyaman sebagai sebuah tim. Menutup satu mata bisa menjadi tanda dari masalah mata yang sulit untuk bekerja sama yang disebut Insufisiensi Konvergensi.

Baca juga: cara mencegah katarak

6. Menerima nilai yang lebih rendah dari biasanya, tanda sakit mata pada anak.

sakit mata pada anakJika anak Anda mengalami kesulitan melihat apa yang gurunya tulis di papan tulis karena masalah penglihatan, dan dia mungkin tidak memberitahu anda tentang hal itu, maka akhirnya ia mendapatkan nilai yang buruk di sekolah. Jika anak anda seperti itu, yaitu menerima nilai yang lebih rendah dari biasanya, maka anda harus jeli meneliti apa penyebabnya. Mungkin saja itu disebabkan anak anda memiliki masalah pada mata namun tidak memberitahu anda. Segera lakukan pemeriksaan mata secara lengkap, atau menggunakan lensa atau lensa kontak untuk mengatasinya.

7. Menghindari menggunakan komputer, karena akan membuat “anak anda sakit mata.”

sakit mata pada anakKetegangan mata secara digital merupakan fenomena umum di antara anak-anak yang sering terjadi karena penggunaan komputer atau perangkat digital lainnya yang berlebihan. Perintahkanlah anak anda melakukan istirahat setiap 20 menit sekali, untuk mengambil sesuatu yang setidaknya jaraknya adalah 20 kaki. Apabila dia tidak mampu melakukannya, maka sebaiknya anda membawanya ke dokter mata.

8. Menyipitkan mata atau memiringkan kepala untuk melihat papan tulis agar lebih baik.

sakit mata pada anakGuru harus senantiasa menjadi salah satu orang tua yang mengawasi bagaimana perkembangan kondisi siswanya, tidak terlepas dengan masalah penglihatan. Ketika guru melihat siswanya menyipitkan mata atau memiringkan kepala untuk melihat papan kelas agar lebih baik, maka guru harus mengambil inisiatif untuk memindahkannya ke tempat duduk yang lebih dekat dengan papan tulis. Selanjutnya melakukan langkah pencegahan dini dari potensi sakit mata pada anak yang lebih berbahaya di masa yang akan datang, dengan membawanya ke dokter.

Bagaimana cara mengantisipasinya?

Bagaimana cara mengantisipasi sakit mata pada anak anda. Langkah yang penting anda memastikan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata anak anda, seperti sayuran hijau, buah-buahan yang beraneka ragam dan makanan bernutrisi lainnya.

Terutama makanan yang mengandung zat antioksidan yang tinggi serta kaya akan vitamin yang menyehatkan bagi mata anak anda. Kami merekomendasikan anda untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis masalah kesehatan mata yang mungkin bisa menimpa anda dan keluarga anda.

Suplemen kesehatan yang baik untuk kesehatan mata anda dan anak anda pun sangat kami rekomendasikan karena dapat membantu anda terhindar dari sakit mata.

Kami merekomendasikan Eye Care Softgel sebagai suplemen yang baik untuk kesehatan mata anda dan keluarga anda. Pelajari selengkapnya tentang Eye Care Softgel.