Psoriasis – Penyebab, Gejala, Obat, Cara Mengobati & Mencegah

Psoriasis adalah penyakit kulit yang menyebabkan sel-sel kulit berkembang lebih cepat dan tumbuh di atas permukaan kulit. Sel-sel kulit ekstra yang terbentuk setelah proses yang tidak normal ini menjadikan kulit yang terbentuk menjadi tebal, bersisik keperakan, ruam, bercak merah kering dan banyak kasus kulit yang terbentuk menyakitkan penderitanya. Psoriasis ini adalah penyakit yang di dalam pengobatannya memerlukan waktu yang cukup banyak serta kesabaran.

Penyebab Psoriasis

Penyebab psoriasis seperti yang di jelaskan oleh Mayo Clinic sampai saat ini belum sepenuhnya di ketahui namun diduga kuat terkait dengan masalah kekebalan tubuh dengan sel-sel dalam tubuh. Khususnya terjadi pada satu sel kunci yakni sel darah putih atau limfosit T.

Biasanya sel darah putih berjalan ke seluruh tubuh untuk mendeteksi dan melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Namun dalam kondisi tubuh penderita psoriasis sel darah putih justru menyerang sel-sel kulit yang sehat seakan sel tersebut adalah zat asing, sehingga mengakibatkan radang psoriasis ini.

Tidak hanya itu saja, sel darah putih yang terlalu aktif memicu respon imun lainnya seperti menyebabkan pelebaran pembuluh darah di kulit terinfeksi dan peningkatan sel darah putih yang lain yang bisa masuk ke lapisan luar kulit. Perubahan ini mengakibatkan peningkatan produksi dari kedua sel-sel kulit yang sehat maupun sel darah putih lainnya yang berdampak negatif pada kulit. Hingga akhirnya hal ini menyebabkan sel-sel kulit baru pindah ke lapisan kulit terluar dengan terlalu cepat dalam hitungan hari, sehingga proses pembentukan kulit tidak sempurna dan timbulah gejala psoriasis.

Namun para peneliti menungkapkan bahwa menyandarkan penyebab psoriasis hanya pada sel-sel darah putih saja tidak sepenuhnya akurat. Para peneliti telah menemukan juga adanya penyakit kulit ini di akibatkan faktor lingkungan yang mendukungnya.

Gejala Psoriasis

Gejala psoriasis dapat bervariasi dari orang ke orang, tetapi dapat mencakup satu atau lebih hal berikut seperti:

  • Bercak merah pada kulit ditutupi dengan sisik keperakan yang mencakup area yang luas
  • Bintik berskala kecil (sering terlihat pada anak-anak)
  • Kering, kulit pecah-pecah (terkadang mengeluarkan darah)
  • Gatal, terbakar dan nyeri
  • Terjadi penebalan kulit sehingga pada sebagian jenis psoriasis kuku dan kulit beradu
  • Bengkak di persendian dan kaku

Obat dan Cara Mengobati Psoriasis

Cara mengobati psoriasis seperti yang dikemukakan oleh Mayo Clinic yaitu fokus kepada beberapa hal seperti menghentikan sel-sel kulit yang tumbuh begitu cepat dengan cara mengurangi peradangan dan pembentukan bercak. Dan juga berusaha menghilangkan sisik dan menghaluskan kulit seperti semua.

Dalam hal ini pengobatan psoriasis terbagi menjadi tiga jenis utama yaitu pengobatan topikal, terapi cahaya dan obat oral/ suntikan.

Pengobatan Topikal

Pengobatan Topikal yaitu dapat dilakukan sendiri seperti menggunakan krim dan salep yang telah direkomendasikan oleh dokter. Anda bisa menerapkannya pada kulit anda dapat secara efektif, dan cara ini bisa mengobati psoriasis tingkat ringan sampai sedang. Ketika penyakit ini lebih parah, krim kemungkinan akan dikombinasikan dengan obat-obat yang bisa dikonsumsi atau terapi cahaya.

Obat psoriasis yang mengandung zat berikut bisa menjadi alternatif anda seperti Topical Corticosteroids, Vitamin D, Anthralin, Topical retinoids, Calcineurin inhibitors, Salicylic acid, Coal tar, dan Moisturizers Creams.

Terapi Cahaya (Fototerapi)

Terapi Cahaya. Seperti namanya, pengobatan psoriasis ini menggunakan sinar ultraviolet alami atau buatan. Bentuk paling sederhana dan paling mudah dari fototerapi ialah mengekspos kulit anda terhadap jumlah sinar matahari alami. Bentuk lain dari terapi cahaya termasuk penggunaan ultraviolet buatan A (UVA) atau ultraviolet B (UVB) atau kombinasi keduanya.

Jenis terapi psoriasis ini di antaranya adalah dengan menggunakan Sunlight, UVB phototherapy, Narrow band UVB therapy, Goeckerman therapy, Photochemotherapy, Excimer laser.

Obat Oral atau Suntik

Jika Anda memiliki psoriasis kronis yang tahan terhadap jenis perawatan di atas, dokter mungkin meresepkan obat oral atau suntik. Karena efek samping yang parah, beberapa obat-obat ini digunakan untuk hanya dalam periode yang singkat dan dilakukan dengan cara berganti-ganti serta bentuk-bentuk pengobatan yang bervariasi.

Obat berikut ini seperti Retinoids, Cyclosporine, Immunomodulator drugs, Thioguanine dan hydroxyurea merupakan obat yang biasa di gunakan dalam pengobatan psoriasis kronis ini.

Apabila anda ingin mengobati psoriasis anda dengan aman tanpa efek samping, kami merekomendasikan untuk anda pengobatan dengan teripang emas Jelly Gamat QnC.

Cara Mencegah Psoriasis

Cara mencegah psoriasis adalah menghindari pemicu dari penyakit kulit ini. Oleh karena itu penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor tertentu yang membuat gejala psoriasis menjadi lebih buruk dan membantu menghilangkannya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah munculnya bercak pada kulit akibat dari psoriasis:

  • Mengurangi stres. Stres sangatlah berdampak negatif bagi setiap orang, bahkan bagi anda yang menderita psoriasis dapat menyebabkan penyakit ini bertambah parah pada diri anda. Bagi anda pun yang tidak menderita psoriasis, stres juga dapat menyebabkan anda mendapatkan berbagai penyakit termasuk salah satunya psoriasis.
  • Hindari obat tertentuObat-obat tertentu dapat mengganggu respon tubuh dan menjadi penyebab autoimun peradangan tubuh yang dapat memicu psoriasis. Obat-obat ini di antaranya adalah lithium (obat anti gangguan mental), klorokuin dan hydroxycholoquine (untuk mengobati malaria), indometasin (mengobati arthiritis), inderal (mengobati tekanan darah tinggi).
  • Mencegah cedera kulit. Cedera pada kulit dapat memicu psoriasis pada beberapa orang. Hal ini dikenal sebagai fenomena Koebner. Luka kulit dapat memicu psoriasis termasuk akibat sinar matahari dan goresan.
  • Menghindari Infeksi. Infeksi dikenal dapat memicu psoriasis karena bisa menyebabkan efek stres pada sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan reaksi peradangan. Radang tenggorokan khususnya dikaitkan dengan timbulnya psoriasis guttate, terutama pada anak-anak. Namun, tidak menutup kemungkinan psoriasis dapat terjadi setelah sakit telinga, radang amandel, atau infeksi pernapasan atau kulit.
  • Makan makanan dan diet yang sehatMengalami obesitas atau kelebihan berat badan dapat membuat gejala psoriasis semakin memburuk. Jadi penting untuk mengelola berat badan anda dengan berolahraga dan makan makanan yang sehat.

One comment

Comments are closed.