Kanker Pankreas – Penyebab, Gejala, Cara Mengobati dan Mencegah

Kanker pankreas ialah kanker yang dimulai dari jaringan pankreas anda yaitu sebuah organ dalam perut  yang terletak secara horizontal di belakang bagian bawah perut. Pankreas ini mengeluarkan enzim yang membantu pencernaan dan menghasilkan hormon yang membantu mengatur metabolisme gula tubuh anda.

Kanker pankreas sering memiliki kondisi yang buruk, bahkan ketika di diagnosis lebih awal. Kanker pankreas biasanya menyebar dengan cepat dan jarang sekali terdeteksi pada tahap awal dan merupakan alasan utama mengapa menjadi penyebab utama kematian. Tanda ataupun gejala pankreas sangat sulit untuk di temukan sampai pada akhirnya kanker pankreas masuk ke tahap lebih tinggi, dan pada saat level inilah tindakan seperti operasi pun tidak bisa mengangkat kanker secara tuntas.

Penyebab Kanker Pankreas

Penyebab kanker pankreas menurut keterangan mayo clinic, sampai saat ini belum bisa dipastikan. Namun perlu anda pahami adalah pankreas memiliki ukuran sekitar 6 inci (sekitar 15 cm) panjang dan terlihat seperti buah pir yang berbaring di sisinya. Pankreas mengeluarkan hormon, termasuk insulin, untuk membantu tubuh memproses gula anda dalam makanan yang anda konsumsi. Tidak hanya itu pankreas  menghasilkan cairan pencernaan untuk membantu tubuh Anda mencerna makanan.

Masalah pada pankreas mulai muncul ketika sel-sel DNA pankreas mulai di jangkiti kanker sehingga terjadi mutasi yang menyebabkan sel menjadi tumbuh tak terkendali dan terus hidup walaupun sel normal telah mati. Akhirnya sel-sel yang terakumulasi ini membentuk tumor pada masalah pada pankreas.

Tanda-tanda munculnya kanker pankreas ketika kanker pankreas melapisi saluran pankreas. Kanker jenis ini disebut dengan adenokarsinoma pankreas atau kanker eksokrin pankreas.

Jarang sekali ditemukan jenis kanker pankreas, yang dapat terbentuk dalam sel-sel penghasil hormon pankreas. Oleh karena itu kanker jenis ini disebut juga dengna kanker sel islet atau kanker endokrin pankreas.

Gejala Kanker Pankreas

Ada dua jenis kanker pankreas yang mempengaruhi pankreas: adenokarsinoma dan kanker endokrin. Pertama adalah Adenokarsinoma yang tumbuh di saluran dimana cairan saluran pencernaan dibuat, dan sebagian besar kanker pankreas adalah dari jenis adenokarsinoma. Kedua adalah kanker endokrin yang berkembang dalam sel pankreas yang mempunyai kemampuan untuk melepaskan hormon, seperti insulin.

Gejala kanker pankreas hanya akan bisa dirasakan apabila kanker tersebut telah berkembang ke stadium lanjut. Pada saat itu, individu mungkin melihat kondisi yang disebut penyakit kuning dimana kulit berubah menjadi berwarna kuning.

Warna kuning menunjukkan bahwa pankreas telah mengganggu hati, menurut Dr Sameh Mikhail, asisten profesor onkologi di Ohio State University Wexner Medical Center.

Pankreas berada sangat dekat dengan hati, sehingga ketika pankreas bermasalah akan begitu banyak saluran cairan pencernaan yang terganggu yang di produksi oleh hati yang dimaksudkan untuk mencapai usus kecil, kata Mikhail. Ketika cairan pencernaan itu di halangi, maka mereka akan kembali ke dalam darah sehingga mereka akan memiliki empedu berwarna kuning karena cairan yang ada di dalamnya. Tidak ayal proses ini yang menyebabkan pasien berwarna kuning.

Selain di atas, ciri-ciri kanker pankreas telah menimpa seseorang yaitu nyeri perut di bagian atas yang dapat menyebar ke punggung, kehilangan selerea maakan, kehilangan berat badan secara signifikan, depresi dan terjadi pembekuan darah, seperti yang telah dijelaskan oleh Mayo Clinic.

Cara Mengobati Kanker Pankreas

Pilihan pengobatan kanker pankreas tergantung pada stadium kanker. Menurut National Cancer Institute (NCI),  kanker pankreas  berpotensi untuk bisa disembuhkan jika pengobatan dilakukan sebelum kanker tersebut menyebar sampai di luar organ tubuh anda. Pada tahap itulah kesempatan untuk menghapus kanker secara keseluruhan dengan operasi akan sangat besar.

Dokter ahli bedah mungkin mencoba untuk menghilangkan tumor, jika kanker tidak mengelilingi pembuluh darah. Jika arteri utama yang ikut di kelilingi oleh kanker maka akan sangat sulit untuk mengangkat sel kanker tersebut ujar Mikhail.

Jika operasi kanker pankreas adalah pilihan utama, orang harus memastikan bahwa ahli bedah atau operasi tim operas mereka berpengalaman di dalam operasi menghilangkan kanker pankreas, tambahnya.

Cara mengobati kanker pankreas melalui Radiasi dan Kemoterapi biasanya diberikan berikutnya dan terkadang dilakukan sebelum operasi untuk memastikan bahwa sel-sel kanker yang tersisa bisa dihancurkan melalui operasi. Jika operasi bukan merupakan pilihan, radiasi dan kemoterapi sudah cukup sebagai satu-satunya pengobatan.

Obat kemoterapi untuk kanker pankreas diberikan secara internal. Meskipun obat ini bisa efektif membunuh sel kanker, akan tetapi dapat menghancurkan beberapa sel yang sehat yang dapat menyebabkan efek samping seperti kerontokan rambut dan mual.

Lima tahun yang lalu, orang-orang dengan  kanker pankreas stadium 4 hidup kurang lebih selama enam bulan setelah melakukan kemoterapi. Sekarang, dengan munculnya dua rejimen kemoterapi baru yaitu Folfirinox dan Gemcitabine serta albumin-bound paclitaxel, seseorang dengan stadium 4 kanker bisa bertahan hidup 11 bulan setelah melakukan pengobatan.

Cara mengobati kanker pankreas stadium 4 dengan folfirinox dam gemcitabine serta albumin boun paclitaxel merupakan terobosan luar biasa dalam pengobatan kanker pankreas ujar Dr Mikhail, meskipun ia menambahkan bahwa masih menyisakan banyak kesempatan untuk perbaikan demi perbaikan cara ini.

Seringkali, obat yang ditujukan untuk menyembuhkan kanker pankreas dapat dimasukkan ke dalam rejimen pengobatan di atas. Disebut dengan “terapi target”, obat ini termasuk dapat menghambat pertumbuhan kanker pankreas seperti obat erlotinib dan faktor anti-angiogenesis.  Faktor anti-angiogenesis dapat mencegah tumor dari pembentukan pembuluh darah yang dapat membuat tumor semakin menjadi. Namun dalam beberapa kasus kanker pankreas, obat ini masih perlu dilakukan tahapan percobaan.

Terapi alternatif juga dapat membantu anda mengatasi kanker pankreas dengan melakukan diagnosis kanker, serta melakukan terapi pada pola stres anda. Jenis pengobatan alternatif  seperti seni, melakukan terapi musik, meditasi dan latihan seperti yoga dan di bantu dengan suplemen ataupun obat herbal yang alami dapat membantu anda untuk mengobati masalah kanker pankreas anda.

Apabila anda ingin solusi alami mengobati kanker pankreas anda, klik disini Ace Maxs.

Cara Mencegah Kanker Pankreas

Cara mencegah kanker pankreas menurut American Cancer Society, ialah dengan pencitraan dan tes genetik. Dimana hal ini dapat digunakan untuk mengetahui orang-orang yang ada dalam keluarga anda yang memiliki riwayat kanker. Sebagai contoh, ada sebuah tes genetik yang dapat melihat perubahan dalam gen yang disebut K-ras yang berhubungan dengan pertumbuhan sel kanker. Menurut American Cancer Society, bagaimanapun tes ini saat ini hanya sangat dianjurkan bagi orang-orang yang berisiko tinggi terkena kanker pankreas.

Sebagian peneliti saat ini mulai lebih memahami proses dari mutasi genetik pada perkembangan kanker dan tidak menutup kemungkinan pada suatu hari nanti terdapat sebuah upaya untuk mengembangkan metode skrining yang lebih baik yang tersedia untuk masyarakat umum, dan dapat mendiagnosa kanker pankreas sedini mungkin.

Selain di atas mencegah kanker pankreas di bawah ini dapat mengurangi risiko anda, terkena kanker pankreas seperti:

  • Berhenti merokok. Jika Anda merokok, berhentilah. Bicaralah dengan dokter  tentang cara untuk membantu anda berhenti, termasuk bergabung dengan kelompok-kelompok tertentu yang dapat mensuasanakan anda untuk berhenti merokok. Apabila perlu lakukanlah terapi pengganti nikotin. Jika Anda tidak merokok, jangan coba sekali-kali untuk memulainya.
  • Menjaga berat badan yang sehat. Jika anda perlu menurunkan berat badan yang bertujuan untuk mencapai berat badan yang sehat maka lakukannya. Berkonsultasilah juga dengan dokter anda untuk strategi terbaik menurunkan berat badan anda.
  • Kombinasikan latihan sehari-hari dengan diet kaya sayuran, buah dan biji-bijian.  Diet penuh buah-buahan berwarna dan sayuran serta biji-bijian dapat membantu anda mengurangi resiko kanker.

One comment

Comments are closed.