Kanker Otak- Penyebab, Ciri, Gejala, Obat Herbal, Cara Mengobati & Mencegah

Kanker otak merupakan sebuah tumor yang muncul di otak yang memiliki suatu massa dan mengalami pertumbuhan sel yang abnormal secara perlahan maupun cepat.

Jenis kanker otak ini ada beberapa jenis seperti kanker otak yang jinak dan kanker otak ganas. Tumor yang menjadi cikal bakal tumbuhnya kanker otak ini bisa dimulai dari otak anda (tumor otak primer), atau kanker dapat di mulai di bagian lain dari tubuh dan menyebar ke bagian otak anda (tumor otak sekunder).

Tumor otak ini memiliki kecepatan yang bervariasi untuk dapat tumbuh di dalam tubuh anda. Tingkat pertumbuhan serta lokasi tumor otak pun menentukan sejauh mana dan bagaimana kanker tersebut akan mempengaruhi fungsi sistem saraf anda. Sementara itu pilihan pengobatan tumor tergantung pada jenis tumor otak yang anda miliki, serta ukuran dan lokasi.

Jenis dan Penyebab Kanker Otak

Penyebab kanker otak ini adalah berasal dari tumbuhnya tumor pada otak itu sendiri atau dalam jaringan dekat otak lainnya, seperti dalam membran otak-meliputi (meninges), saraf kranial, kelenjar pituitari atau kelenjar pineal.

Penyebab tumor otak primer ini dimulai ketika sel-sel normal melakukan kesalahan (mutasi) dalam DNA mereka. Mutasi ini menyebabkan sel tumbuh dan membelah pada tingkat demi tingkat dan terus hidup ketika sel-sel yang sehat telah mati. Hasilnya adalah tersisalah massa sel-sel abnormal, yang pada akhirnya membentuk sebuah tumor yang menjadi cikal bakal tumbuhnya kanker otak.

Tumor otak primer ini jauh lebih umum daripada yang tumor otak sekunder yang dimana kanker dimulai tumbuh di tempat lainnya dan menyebar ke otak.

Banyak sekali dari jenis tumor otak ini dan masing-masing memiliki nama dan jenis sel yang berbeda-beda. Diantaranya adalah:

  • Glioma. Tumor ini tumbuh mulai di otak atau sumsum tulang belakang dan termasuk astrocytomas, ependymoma, glioblastomas, oligoastrocytomas dan oligodendrogliomas.
  • Meningioma. Sebuah meningioma adalah tumor yang timbul dari membran yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang (meninges). Kebanyakan meningioma tidak menyebabkan tumbuhnya kanker.
  • Neuromas Akustik (schwannomas). Ini adalah tumor jinak yang berkembang pada saraf yang mengontrol keseimbangan dan pendengaran dari telinga batin menuju ke otak Anda.
  • Adenoma Pituitary . Ini adalah sebagian besar jenis tumor jinak yang berkembang di kelenjar pituitari di dasar otak. Tumor ini dapat mempengaruhi hormon hipofisis dengan efek yang bisa menyebar ke seluruh tubuh.
  • Medulloblastomas. Tumor otak yang jadi penyebab kanker paling umum yang satu ini terjadi pada anak-anak. Sebuah medulloblastoma dimulai di punggung bawah bagian otak dan cenderung menyebar melalui cairan tulang belakang. Tumor ini jarang terjadi pada orang dewasa, namun bukan berarti tidak pernah menyerang orang dewasa sama sekali.
  • PNETs (Primitive neuroectodermal tumors). PNETs jarang sering terjadi, karena tumor kanker ini dimulai di embrio sel (janin) di otak. Namun acapkali tumor ini juga dapat terjadi di mana saja di bagian otak yang lainnya.
  • Tumor sel germinal. Tumor ini mungkin berkembang selama masa kanak-kanak pada bagian testis atau indung telur saat proses pembentukan. Tapi terkadang tumor sel germinal mampu untuk pindah ke bagian lain dari tubuh, seperti otak.
  • Craniopharyngiomas. Tumor non-kanker ini muncul di dekat kelenjar hipofisis otak, yang berfungsi untuk mengeluarkan hormon yang mampu mengontrol banyak fungsi dalam tubuh. Craniopharyngioma yang perlahan tumbuh dapat mempengaruhi kelenjar pituitari dan struktur lainnya di dekat otak.

Ciri dan Gejala Kanker Otak

Ciri dan gejala kanker otak ini sangat bervariasi dan tergantung pada ukuran tumor, serta lokasi dan tingkat kecepatan pertumbuhannya. Tanda dan gejala yang disebabkan oleh tumor otak termasuk:

  • Sakit kepala yang terjadi secara bertahap dan menjadi lebih sering serta lebih parah
  • Mengalami mual yang tidak bisa dijelaskan atau muntah
  • Masalah penglihatan, seperti penglihatan kabur, penglihatan ganda atau kehilangan penglihatan peripheral
  • Masalah pendengaran
  • Secara bertahap kehilangan rasa atau kemampuan menggerakan lengan atau kaki
  • Kesulitan dalam menjaga keseimbangan tubuh
  • Kesulitan berbicara
  • Mengalami kebingungan dalam hal sehari-hari
  • Perubahan perilaku dan kepribadian
  • Mengalami kejang yang sebelumnya belum pernah memiliki riwayat tersebut.

Obat dan Cara Mengobati Kanker Otak

Cara mengobati kanker otak ini tergantung pada jenis, ukuran dan lokasi tumor otak, kondisi kesehatan  secara keseluruhan serta keinginan anda. Namun beberapa cara berikut ini bisa menjadi pengobatan kanker otak baik secara medis maupun alternatif.

Operasi

Operasi kanker otak  bisa dilakukan jika tumor otak terletak di tempat yang mudah untuk diakses oleh peralatan medis dan kemudian dilakukan operasi. Dokter bersama timnya akan bekerja untuk menghilangkan sebanyak mungkin tumor yang ada pada otak anda.

Terapi radiasi

Terapi radiasi menggunakan sinar energi tinggi, seperti sinar-X atau proton, untuk membunuh sel-sel tumor. Terapi radiasi dapat berasal dari mesin khusus (radiasi sinar eksternal), atau, dalam kasus yang sangat jarang terjadi, radiasi juga dapat ditempatkan di dalam tubuh dekat dengan bagian munculnya tumor otak Anda (brachytherapy).

Radiosurgery

Radiosurgery stereotactic bukan bentuk operasi dalam arti tradisional. Sebaliknya, radiosurgery menggunakan beberapa balok radiasi untuk dapat memberikan bentuk yang sangat terfokus pada bagian tumor sebagai pengobatan radiasi untuk membunuh sel-sel tumor di daerah yang sangat kecil. Setiap berkas radiasi tidak terlalu kuat, namun titik di mana semua balok bertemu yaitu di tumor otak, akan menerima dosis yang sangat besar dari radiasi untuk membunuh sel-sel tumor.

Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel tumor. Obat kemoterapi dapat dikonsumsi langsung melalui mulit karena  berbentuk pil atau bisa juga di suntikkan langsung ke dalam vena (intravena).

Obat Kanker Otak untuk Terapi

Obat kanker otak ditargetkan untuk fokus untuk mengatasi kelainan tertentu yang terjadi dalam sel-sel kanker atau tumor. Dengan menghalangi atau menghambat kelainan ini, obat kanker yang berbentuk terapi ini ditargetkan dapat menyebabkan sel kanker mati secara bertahap.

Pengobatan Alternatif Kanker Otak

Pengobatan alternatif kanker otak saat ini mulai di pertimbangkan. Hal ini disebabkan pengobatan alternatif ini dapat membantu anda mengatasi tumor otak anda. Beberapa pengobatan alternatif yang dapat membantu anda mengatasi masalah kanker otak anda meliputi:

  • Akupunktur
  • Hipnosis
  • Meditasi
  • Terapi musik
  • Latihan relaksasi

Mengkonsumsi obat herbal kanker otak yang berasal dari daun sirsak dan kulit manggis pun saat ini telah menjadi hal yang cukup populer di dalam pengobatan alternatif kanker otak. Hal ini disebabkan penelitian yang menunjukan bahwa kandungan xanthone yang ada dalam kulit manggis terbukti secara efektif dapat mengahancurkan sel kanker. Kemudian penelitian ilmiah menunjukan bahwa daun sirsak memiliki zat antikanker dengan kekuatan 10.000 kali lebih besar dari kemoterapi.

Apabila anda ingin melakukan terapi pengobatan alami kanker otak dengan bahan alami yang aman dan rendah resiko untuk mengobati kanker otak anda, kami beri solusinya disini, Zedoril 7 menjembatani solusi masalah kanker otak anda.

Cara Mencegah Kanker Otak

Cara mencegah kanker otak yaitu bisa di lakukan diagnosis dini dan pengobatan tumor yang cenderung bermetastasis ke otak dan hal ini dapat mengurangi risiko tumor otak. Menghindari atau mengurangi kontak dengan radiasi (terutama ke kepala) dan menghindari bahan kimia beracun yang terkait dengan industri minyak dan karet, pembalseman bahan kimia, dan racun lingkungan lainnya dapat membantu mencegah kanker otak. Menghindari hal-hal yang dapat meningkatkan potensi untuk terinfeksi HIV/AIDS juga harus di lakukan.