Herpes Genital – Penyebab, Gejala, Obat, Cara Mengobati dan Mencegah

Herpes genital adalah penyakit infeksi menular seksual yang menyerang pria dan wanita. Gejala yang biasanya terjadi apabila anda terkena herpes genital adalah seperti rasa sakit, gatal dan luka di daerah genital atau kelamin  anda. Namun dalam beberapa kasus, anda mungkin tidak memiliki tanda-tanda atau gejala herpes genital. Jika anda terinfeksi, maka virus ini bisa saja menular meskipun anda tidak memiliki gejala-gejala tersebut.

herpes genitalHerpes Simpleks Virus Tipe 2 (HSV-2) adalah penyebab dari herpes genital. Melakukan kontak seksual adalah cara utama virus ini bisa menyebar. Setelah infeksi awal, virus diam tanpa aktivitas dalam tubuh dan pada suatu waktu dapat mengaktifkan dirinya beberapa kali dalam setahun kemudian ketika hal ini terjadi inilah gejala akan mulai terasa.

Penyebab Herpes Genital

Penyebab herpes genital yaitu disebabkan oleh dua jenis infeksi virus seperti:

  • HSV-1. Herpes simpleks virus adalah jenis virus yang biasanya menyebabkan luka dingin ataupun lecet demam di bagian mulut, yang memiliki peluang untuk menyebar ke daerah genital anda ketika melakukan seks oral. Namun penyebaran ini lebih jarang terjadi di bandingkan dengan herpes genital yang disebabkan oleh infeksi HSV-2.
  • HSV-2. Ini adalah jenis yang biasa menyebabkan herpes genital. Virus ini menyebar melalui kontak seksual dan kontak kulit penderita ke kulit non penderita . HSV-2 adalah virus yang sangat menular, terutama apabila  anda memiliki luka terbuka. Virus ini memiliki karakteristik mudah mati ketika berada di luar tubuh. Oleh sebab itu hampir tidak mungkin infeksi atau penyebaran virus ini terjadi melalui kontak dengan toilet, handuk ataupun benda lain yang digunakan oleh orang yang terinfeksi.

Gejala Herpes Genital

Gejala herpes genital bagi kebanyakan orang yang telah terinfeksi HSV-2 biasanya tidak mengetahui bahwa mereka telah terinfeksi. Hal ini di karenakan tidak adanya tanda-tanda ataupun gejala dari herpes genital ini. Namun ketika virus sudah aktif, maka gejala herpes genital akan meliputi:

  • Rasa sakit atau gatal yang dimulai dalam waktu dua sampai 10 hari setelah terinfeksi akibat hubungan seksual
  • Benjolan merah kecil atau lecet putih kecil, yang mungkin muncul beberapa hari kemudian
  • Bisul yang terbentuk ketika terjadi lepuhan pada kulit ataupun keluarnya cairan tertentu bahkan darah
  • Koreng yang terbentuk seperti borok ketika proses penyembuhan luka
  • Luka lambung mungkin akan membuat penderita herpes genital mengalami kesakitan ketika membuang air kecil. Penderita juga akan mengalami rasa sakit dan nyeri di daerah genital sampai infeksi benar-benar bisa di tangani.

Selama wabah awal, Anda mungkin akan mengalami tanda-tanda diluar dari yang telah di jelaskan di atas, seperti flu dan gejala pembengkakan kelenjar getah bening di daerah pangkal paha. Serta anda pun akan mengalami sakit kepala, nyeri otot dan demam.

Obat dan Cara Mengobati Herpes Genital

Cara mengobati herpes genital sampai saat ini belum ada yang pasti. Namun mengobati radang ataupun gejala dari herpes genital ini akan mampu uintuk mengobati herpes genital ini. Pengobatan tersebut di antaranya adalah dengan menggunakan obat antivirus resep yang dapat bermanfaat seperti:

  • Membantu menyembuhkan luka secepat mungkin apabila gejala awal telah muncul
  • Mengurangi keparahan dan durasi dari gejala pada daerah kulit yang terpapar
  • Mengurangi frekuensi kekambuhan
  • Meminimalkan kemungkinan penularan virus herpes yang lain

Obat herpes genital yang biasa digunakan untuk herpes genital meliputi:

  • Acyclovir (Zovirax)
  • Famsiklovir (Famvir)
  • Valacyclovir (Valtrex)

Dokter mungkin menyarankan anda untuk mengkonsumsi obat herbal herpes genital tertentu yang bisa anda konsumsi setiap hari dalam rangka menghilangkan gejala ataupun tanda dari virus herpes genital ini.

Apabila anda memiliki mempunyai penyakit herpes genital ini, kami beri anda solusi terbaik untuk pengobatan herpes genital anda yaitu dengan terapi obat herbal dengan menggunakan teripang emas yaitu Jelly Gamat QnC menjembatani solusi kesembuhan herpes genital anda.

Cara Mencegah Herpes Genital

Cara mencegah herpes genital yaitu sama halnya dengan cara mencegah infeksi menular seksual lainnya, yakni dengan menjauhkan diri dari aktivitas seksual dengan penderita herpes genital atau membatasi kontak seksual hanya pada satu orang yang sudah jelas terbebas dari infeksi. Kemudian menggunakan kondom lateks selama berhubungan seksual merupakan hal yang baik dan penting untuk menghindari penyakit herpes genital ini.

Baca juga: Makanan untuk kesehatan kulit