Gatal di Selangkangan – Penyebab, Gejala, Obat, Cara Mengobati dan Mencegah

Gatal atau pruritus adalah iritasi pada kulit yang menimbulkan dorongan untuk menggaruk. Gatal adalah masalah kulit yang sering dialami oleh setiap orang dan bisa terbatas terjadi pada satu area tertentu dalam tubuh (Lokal) atau terjadi di seluruh tubuh atau di beberapa daerah yang berbeda (Umum). Hal ini bergantung pada penyebab yang mendasarinya, dan juga terkadang gatal menimbulkan efek yang mungkin lebih buruk pada malam hari.gatal di selangkangan

Sementara itu, gatal di selangkangan merupakan gatal yang terjadi pada daerah selangkangan atau lipatan lainnya pada kulit yang umumnya disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri tinea cruris. Jamur mikroskopis ini secara alami hidup di kulit, rambut dan kuku. Jamur ini biasanya tidak berbahaya, tetapi jamur ini dapat berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi ketika mereka dibiarkan untuk berkembang pada daerah kulit yang hangat ataupun daerah lembab. Inilah sebabnya mengapa gejala gatal ini biasanya berkembang di kulit sekitar selangkangan, paha bagian dalam, dan bokong.

Penyebab Gatal di Selangkangan

Penyebab gatal di selangkangan ini juga disebabkan oleh sekelompok jamur yang disebut dermatofit. Jamur ini memiliki karakteristik yaitu secara alami hidup pada kulit dan biasanya tidak menyebabkan masalah. Namun, bilamana anda tetap menggunakan pakaian dalam yang berkeringat atau basah setelah beraktivitas seharian, maka potensi berkembang biaknya jamur ini bisa menjadi lebih cepat.  .

Jamur yang menyebabkan gatal selangkanan ini sangat menular. Anda mungkin mendapatkan infeksi jamur melalui kontak pribadi yang dekat dengan orang yang terinfeksi atau melalui kontak dengan pakaian kotor dari orang yang terinfeksi.

Istilah lain dari gatal selangkanan adalah “gatal joki” kare biasnya gatal ini hanya terjadi pada para atlet saja. Namun dalam kenyataannya gatal selangkanan ini dapat terjadi pada siapa saja. Orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami gatal selangkangan karena jamur ini dapat berkembang dalam lipatan kulit, yang rentan terhadap munculnya keringat. Selain itu juga gatal selangkangan ini dapat dipicu oleh kontak yang terlalu lama untuk kelembaban dan adanya gesekan dari pakaian.

Gejala Gatal di Selangkangan

Gejala gatal di selangkangan secara umum terjadi masalah-masalah kulit seperti berikut ini yang meliputi:

  • Kemerahan pada kulit
  • Gatal secara terus-menerus
  • Rasa terbakar
  • Terjadi pengelupasan atau keretakan pada kulit
  • Ruam yang semakin parah tatkala melakukan latihan atau aktivitas
  • Perubahan warna kulit
  • Gatal biasanya mempengaruhi pangkal paha dan paha bagian dalam. Dan memiliki kemungkinan untuk menyebar ke perut dan bokong, tetapi untuk alat vital biasanya tidak terpengaruhi

Obat dan Cara Mengobati Gatal di Selangkangan

Cara mengobati gatal di selangkangan dalam kebanyakan kasus dapat diobati di rumah secara efektif. Anda dapat mencoba cara berikut untuk menghilangkan gatal yaitu :

  • Menggunakan obat bebas berbentuk krim, bubuk, atau semprot ke daerah yang terkena
  • Cuci daerah yang terkena dengan sabun dan air hangat secara rutin
  • Keringkan daerah lipatan kulit yang basah secara menyeluruh setelah mandi dan olahraga
  • Berganti pakaian dan pakaian dalam setiap hari
  • Gunakanlah pakaian dalam yang terbuat dari katun dan longgar untuk bisa mengurangi efek lembab

Obat gatal di selangkangan dapat di gunakan di antaranya ramuan herbal berikut seperti minyak pohon teh, cuka apel, alkohol, listerine, cuka putih dan ekstrak teripang emas. Ramuan-ramuan herbal ini bisa anda gunakan karena pada ramuan-ramuan ini memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-jamur yang menjadi penyebab utama adanya peradangan di selangkangan anda berupa gatal-gatal yang sangat mengganggu. Dengan menggunakannya secara rutin maka ramuan-ramuan ini mampu secara efektif mengobati masalah gatal di selangkangan anda.

Apabila anda ingin mengobati gatal di selangkangan dengan ramuan herbal, kami menyarankan anda mencoba produk herbal ini. Insyaalloh bisa jadi asbab kesembuhan gatal di selangkangan anda. Cek disini informasinya QnC Jelly Gamat Menjembatani Kesehatan Selangkangan Anda

Cara Mencegah Gatal di Selangkangan

Cara mencegah gatal di selangkangan yang terbaik adalah mempraktekan kebiasaan hidup bersih dan sehat adalah cara pencegahan terbaik terhadap potensi gatal di selangkangan. Biasanya dengan membiasakan mencuci tangan secara rutin dapat sangat mengurangi risiko terkena infeksi dari orang lain. Hal yang lain yang penting untuk di perhatikan juga adalah menjaga kulit anda tetap bersih dan kering, terutama daerah sekitar pangkal paha. Sangat di anjurkan juga, untuk mencuci daerah selangkangan anda secara teratur dengan sabun kemudian keringkan daerah ini secara menyeluruh setelah mandi. Menggunakan bedak bayi di sekitar pangkal paha juga dapat membantu anda tercegah dari timbulnya kelembaban yang berlebihan.

Menghindari pakaian ketat juga dapat mengurangi risiko terkena gatal di selangkangan ini. Pakaian ketat dapat melukai ataupun melecetkan kulit yang dapat membuat anda lebih rentan terkena gatal di selangkangan. Anda mungkin juga bisa mencoba mengenakan celana boxer berbahan katun karena sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya kulit lembab pada daerah pangkal paha. Sangat penting untuk di ingat bahwa mengenakan pakaian longgar dalam cuaca panas atau lembab adalah hal yang penting. Pakaian longgar dapat mencegah terjadinya keringat dan lembab, dimana pada kulit lembab inilah rawan tumbuh subur daripada jamur. Pastikan juga anda selalu mencuci baju olahraga atau yang sejenisnya setelah digunakan

Gatal selangkangan juga adalah infeksi lain yang dapat disebabkan oleh jamur yang sama yang menyebabkan gatal atlet. Jika Anda memiliki gatal atlet (istilah gatal yang timbul akibat olahraga) bersegeralah untuk mengobatinya dengan cepat, karena bakteri yang sama bisa menjadi penyebab munculnya gatal di selangkangan. Anda dapat menghindari penyebaran ke daerah pangkal paha dengan memastikan tidak menggunakan handuk yang sama seperti  yang anda gunakan pada kaki anda dan untuk selangkangan anda.

One comment

Comments are closed.