20 Cara mencegah jerawat mudah dan praktis

Cara mencegah jerawat dengan cara yang terbaik tentu harus di ketahui karena wajah cantik bebas jerawat tidak hanya membuat anda bahagia, tetapi memberikan anda kepercyaan diri anda. Oleh karena itu menghindari kebiasaan yang buruk sebagai upaya atau cara mencegah jerawat sangat penting untuk dimengerti.

20 Cara mencegah jerawat mudah dan praktis

1. Mengurangi Sentuhan Tangan pada Wajah

Sepanjang hari, tangan anda bersentuhan dengan ribuan bakteri, dan apabila anda tidak mencuci tangan, dan anda sangat sering sekali menyentuh wajah anda, maka hal ini akan menyebabkan jerawat bermunculan.

2. Menggosok kulit dengan cara yang salah

Anda mungkin berpikir bahwa dengan menggosok wajah anda dengan handuk, scrub wajah, akan membantu membersihkan pori-pori anda dari dalam. Namun dalam realitanya tidak demikian. Bahkan sebaliknya, pori-pori anda akan semakin melebar dan kuman dan bakteri pun mudah masuk sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Dengan mencoba membersihkan kulit anda dengan handuk atau scrub wajah yang lembut selama seminggu sekali, maka hal tersebut sudah cukup untuk menghilangkan lapisan kulit mati anda.   

3. Meremas Jerawat Anda

Apabila anda tidak ingin jerawat anda bertambah banyak, hentikanlah kebiasaan meremas jerawat anda. Apabila anda tidak menghentikannya, bisa saja jerawat anda hilang, akan tetapi akan meninggalkan bekas jerawat yang permanen dan sulit untuk dihilangkan.

4. Peralatan Make-Up yang bersih

Memiliki kebiasaan untuk selalu rajin membersihkan peralatan make-up, tentu hal ini adalah sangat baik karena akan menghindarkan anda dari bakteri ataupun kuman yang bisa menimbulkan jerawat yang berasal dari peralatan make-up yang kotor.  Partikel kotoran ataupun sisa make-up yang tersumbat di kuas menyebabkan jerawat dan infeksi kulit lainnya yang menyebabkan jerawat.

5. Gaya Rambut

Gaya rambut yang terurai ke dahi ataupun pipi akan menyebabkan anda berpotensi terkena jerawat, dikarenakan pori-pori kulit kekurangan oksigen karena terhalang oleh rambut. Oleh karena itu carilah gaya rambut yang tidak mengganggu pori-pori kulit untuk bernafas lebih leluasa.

6. Produk Perawatan Rambut yang Keras

Menggunakan produk perawatan rambut yang keras akan menyebabkan kulit anda mudah untuk terinfeksi. Ini bisa saja terjadi karena ketika anda menggunakan shampoo maka cairan dari shampoo yang keras tersebut mengalir ke wajah anda dan menyebabkan iritasi pada kulit wajah anda. Maka cara mencegah jerawat yang baik adalah menghindari produk perawatan rambut yang keras. .

7. Mandi setelah berolahraga

Kegiatan berolahraga akan membuat anda banyak berkeringat. Polusi udara dan keringat akan bercampur sehingga menghasilkan kombinasi yang sangat baik untuk menghasilkan jerawat. Maka penting bagi anda untuk mencegah jerawat ini dengan cara mandi selepas beristirahat olahraga atau dirasa keringat sudah tidak keluar dari badan anda.

8. Tidur secukupnya

Tidur secukupnya merupakan cara mencegah jerawat yang efektif, karena studi menunjukan bahwa apabila anda tidak berkecukupan tidur, maka tingkat stres pada tubuh anda akan meningkat sehingga akan menyebabkan munculnya jerawat pada wajah anda. Karena perlu anda ketahui, salah satu munculnya jerawat adalah tingkat stres seseorang. Dengan tidur secukupnya, maka tingkat stres anda akan rendah dan akan meminimalisir munculnya jerawat.

9. Terlalu sering mengganti Produk Kecantikan

Kita memiliki kebiasaan tidak sabaran di dalam menangani jerawat yang kita miliki, sehingga kita berharap jerawat akan hilang dengan waktu semalam saja. Tidak demikian, anda harus meninggalkan kebiasaan mengganti produk kecantikan karena apabila diteruskan, maka akan berdampak sangat negatif terhadap kondisi kesehatan muka anda.

10. Tidak Menggunakan Kosmetik Murahan

Hal yang sangat penting lainnya untuk mencegah jerawat bermunculan pada wajah anda adalah dengan tidak menggunakan kosmetik murahan. Karena kosmetik murahan ini akan menyebabkan kulit wajah anda menjadi rusak dan akhirnya jerawat di muka anda akan banyak bermunculan.

11. Tidak menggunakan air yang keras

Apabila di daerah anda hanya tersedia air yang keras dengan ph yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka anda harus menggunakan filter air khusus sehingga mampu untuk menetralkan air. Apabila air yang anda gunakan untuk membasuh muka anda terlalu keras, maka akan merusak kulit anda dan pada akhirnya menimbulkan berbagai macam penyakit kulit tak terkecuali jerawat.  

12. Menghindari paparan sinar matahari secara langsung

Sinar matahari menyebabkan kerusakan pada kulit dan gelap akibat sinar UV yang dipancarkan. Tidak hanya itu sinar matahari akan membuat kulit anda menjadi kering, dan akan menstimulus saraf yang lainnya untuk memproduksi minyak.

Dengan Demikian anda akan mendapati wajah anda akan penuh dengan jerawat apabila anda tidak membiasakan untuk menggunakan pelindung dari matahari seperti payung, kacamata, ataupun shall untuk menutupi bagian kulit anda yang terbuka. 

13. Kandungan detergen yang terlalu keras

Penting bagi anda untuk membaca terlebih dahulu kandungan deterjen yang anda gunakan, karena dikhawatirkan apabila terlalu keras maka akan menyebabkan kulit menjadi rusak dan pada akhirnya menyebabkan munculnya jerawat. 

Hal ini disebabkan deterjen yang mengandung zat kimia yang terlalu keras akan tetap menempel pada sarung bantal atau guling walaupun sudah di bilas berkali-kali, sehingga dampaknya akan terasa tatkala pipi kita menempel pada bantal atau guling yang telah mengandung deterjen yang keras.

14. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya menyebabkan kanker, akan tetapi akan menimbulkan permasalahan kulit lainnya seperti jerawat batu, komedo, noda hitam dan yang lainnya. Hal ini disebabkan semakin banyak merokok, maka jumlah oksigen yang mampu di serap oleh kulit akan menjadi berkurang sehingga akan menyebabkan kulit tidak sehat dan rawan terkena iritasi. 

15. Tingkat Stres yang Tinggi

Apabila anda memiliki tingkat stres yang tinggi, bersiaplah jerawat akan bermunculan pada wajah anda. Hal ini disebabkan tingkat stres menurut banyak studi akan menyebabkan munculnya jerawat.

16. Makanan yang pedas

Bagi anda pecinta makanan pedas, sudah mulai saatnya bagi anda memikirkan dampaknya terhadap kesehatan kulit. Makanan pedas akan mampu mengubah PH dalam kulit menjadi tidak seimbang sehingga kulit mudah teriritasi. Dengan kulit yang seperti ini akan menyebabkan anda mudah untuk terkena jerawat.

17. Banyak minum air putih 8 gelas tiap hari

Dengan membiasakan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari maka kesehatan kulit anda akan terjaga sehingga anda akan terhindar dari radikal bebas yang nantinya akan merusak kulit anda.

18. Mengurangi Konsumsi Alkohol

Mengkonsumsi alkohol terlalu banyak dan sering akan membuat sistem imun tubuh menjadi lemah. Sehingga akan mudah terkena masalah-masalah lainnya, tak terkecuali jerawat. Dengan mengurangi bahkan menghentikan konsumsi alkohol dapat membantu anda mencegah jerawat.  

19. Membatasi konsumsi keju dan sejenisnya

Cara mencegah jerawat menurut penelitian dari buku The Clear Skin Diet, adalah membatasi konsumsi terhadap keju, krim, karamel karena mengandung zat progesteron dan steroid yang dapat memberikan pada efek negatif tubuh kita karena dapat meningkatkan aktivitas lemak kelenjar, yang mengarah pada timbulnya jerawat.

20. Membersihkan layar HP anda

Dengan membiasakan diri membersihkan layar hp anda maka akan mencegah bakteri yang berada pada layar hp anda mendarat di wajah anda ketika menggunakannya.  

Powered by:

www.jembatankesehatan.com

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat

cara mencegah jerawat