Waspada! 19 masalah kesehatan mata mengancam anda

19 Masalah Kesehatan Mata

Masalah kesehatan mata merupakan hal yang perlu di waspadai. Pada saat ini ketika datang gejala-gejala yang menunjukan permasalahan pada kesehatan mata anda, maka anda mengganggap hal itu sebagai suatu hal yang biasa. Sebuah survei terbaru menunjukkan bahwa hampir setengah (47%) penduduk amerika serikat khawatir tentang kebutaan yang akan mengancam kesehatan mata mereka, namun kenyataan hampir 30% dari responden yang di survei mengaku tidak pernah malakukan konsultasi mengenai masalah kesehatan mata mereka. Hal ini sungguh sangat mengkhawatirkan pada Negara yang notabena adalah Negara yang maju. Bagaimana saat ini dengan masyarakat Indonesia?.

Maka informasi berikut ini merupakan informasi penting dalam upaya pencerdasan mengenai masalah kesehatan mata yang sewaktu-waktu mungkin dapat menimpa anda. Namun sebelum pada topik utama, penting bagi anda untuk mengetahui terlebih dahulu Anatomi mata anda terlebih dahulu. kesehatan mata, kesehatan mata,

Anatomi Mata

kesehatan mataAnatomi di dalam mata anda sangatlah kompleks. Akan tetapi bagian utama dari mata anda diantaranya adalah:

  • Kornea (Cornea): jaringan yang jelas di depan sangat mata
  • Iris: bagian berwarna dari mata sekitar pupil
  • Pupil: lubang gelap di iris yang mengatur jumlah cahaya yang akan masuk kedalam mata
  • Lensa (Lens): disk yang jelas dan berbentuk kecil di dalam mata yang berfokus terhadap sinar  cahaya yang akan masuk ke retina
  • Retina: lapisan yang melapisi bagian belakang mata, indra cahaya, dan menciptakan impuls listrik yang berjalan melalui saraf optik ke otak
  • Makular (Macula): daerah pusat kecil di retina yang memungkinkan kita untuk melihat segala sesuatu secara terperinci, halus, dan jelas
  • Saraf optik (Optic nerve): bagian yang menghubungkan mata ke otak dan membawa impuls listrik yang dibentuk oleh retina yang mengarah menuju korteks visual otak
  • Vitreous: jelas, substansi seperti jelly yang mengisi bagian tengah mata

Masalah- masalah kesehatan mata

1.   Glukoma

kesehatan mataGlukoma adalah kelompok penyakit mata yang berkembang karena adanya intra-ocular pressure (IOP) atau tekanan intra okular tinggi. Dengan adanya tekanan yang terus meningkat, akan mempengaruhi saraf optic dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Glukoma diklasifikasikan baik sebagai bagian sudut yang terbuka atau open-angle (bentuk yang lebih umum yang biasanya tidak menimbulkan rasa sakit) atau sudut yang tertutup atau angle-closure (yang biasanya terjadi secara mendadak dan menimbulkan rasa nyeri dan kemerahan pada mata).

Pada fase awal dari glukoma,  seringkali tidak ada gejala yang ditimbulkan. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, maka kerusakan yang dihasilkan semakin permanen. Perkembangan masalah kesehatan mata glukoma ini bisa diatasi dengan cara diperlambat atau dihentikan dengan obat tetes mata yang sudah direkomendasikan dokter ahli, terapi laser, atau melakukan operasi.

Kuncinya adalah bagaimana anda menyadari sedini mungkin dengan melakukan pencegahan sedini mungkin dengan melakukan konsultasi rutin dengan dokter menganai kondisi mata anda.

Seseorang yang menderita glukoma karena faktor keturunan, orang tua misalnya, akan memiliki resiko tinggi juga untuk terkena glukoma.

2. Katarak

kesehatan mataMasalah kesehatan mata lainnya adalah katarak. Katarak adalah lensa yang membentuk seperti gumpalan awan yang berada di mata yang menyebabkan penghilatan menjadi kabur.

Proses perkembangan katarak terjadi secara perlahan sepertihalnya umur manusia (kebanyakan orang yang memiliki umur yang panjang akan mengalami beberapa katarak sperti perubahan pada kornea mata mereka).

Penyebab lain dari tumbuhnya sel katarak ialah seperti diabetes, trauma, tindakan medis , dan menerima paparan sinar UV yang berlebihan.

Dokter anda dapat melihat katarak ketika anda sedang rutin melakukan pemeriksaan mata anda. Pengobatan untuk katarak di antaranya seperti kacamata khusus, lensa pembesar atau operasi.

Operasi dilakukan dengan cara menghilangkan katarak yang berbentuk lensa seperti gumpalan awan, kemudian digantikan dengan yang sejenisnya yang tidak berdampak negatif pada kesehatan mata.

Akan tetapi anda harus mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter anda mengenai resiko yang dapat ditimbulkan dari operasi ini.

3. Age-Related Macular Degeneration (AMD)

kesehatan mataAge-Related Macular Degenaration atau bisa disebut degenerasi makular adalah penyakit mata yang biasanya menimpa seseorang dengan gejala permulaan ketika seseorang mencapai usia 60 tahun, yang berdampak pada kerusakan parah pada makul yang merupakan bagian tengah retina yang membantu  fokus mata.

Masalah kesehatan AMD ini jarang menyebabkan kebutaan total karena hanya bagian pusat penghilatan saja yang terkena dampak.

Ada dua jenis dari AMD yaitu basah dan kering. Pada AMD basah, jaringan pembuluh darah yang abnormal berada dibelakang retina dan siap untuk membesar, membocorkan darah dan cairan, yang menyebabkan hilangnya pusat penglihatan dan proses ini berlangsung dengan cepat.

Sementara AMD kering, yaitu sel-sel peka terhadap cahaya di macula secara perlahan memecah dan menyebabkan pusat penglihatan menjadi tidak masksimal dari waktu ke waktu.

Untuk AMD basah, pengobatan yang bisa dilakukan diantaranya melakukan operasi laser, terapi photodynamic, dan suntikan obat tertentu langsung kedalam mata. AMD kering dapat diobati dengan formulasi dosis tinggi antioksidan dan zink, yang dapat membantu menunda dan mencegah AMD dari pertumbuhannya.

Tetapi tidak ada satupun dari cara diatas mampu untuk menyembuhkan penyakit tersebut, dan ketika penglihatan menghilang maka tidak bisa di kembalikan. Maka cara terpenting untuk mencegah dampak buruk dari masalah kesehatan mata ini adalah dengan cara memeriksa mata anda rutin kepada dokter dan melakukan langkah-langkah asupan praktis untuk mencegah ini.

4. Ablasi Retina

kesehatan mataAblasi retina terjadi ketika retina (jaringan di belakang mata) memisahkan (melepaskan) diri dari struktur yang mendasarinya.

Penumpukan cairan di belakang retina adalah apa yang memisahkan retina dari belakang mata. Ablasi retina sering kali menyakitkan, dan gejala yang mungkin bisa diperhatikan seperti bagaimana kondisi retina anda ketika lampu berkedip, atau ketika tirai ditarik keatas dan anda bisa bisa perhatikan bagaimana respon visual anda bekerja.

Faktor risiko untuk ablasi retina yang merupakan masalah kesehatan mata terjadi pada usia rabun jauh dewasa  sekitar umur 25 sampai 50 tahun, atau orang tua setelah operasi katarak. Pengobatan untuk ablasi retina bisa dilakukan dengan operasi, atau menggunakan laser khusus yang dapat memperbaiki penglihatan retina.

5. Belekan (Bakteri Konjungtivitas)

kesehatan mataKonjungtivitis, atau mata merah, adalah kemerahan dan peradangan dalam jaringan mata yang sangat jelas yang menutupi mata dan bagian dalam kelopak mata (konjungtiva). Hal ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, akan tetapi tidak menutup kemungkinan karena adanya iritasi (bahan kimia, polutan, atau alergi).

Sebagian besar kasus kesehatan mata konjungtivitis menular ini adalah disebabkan virus dan tidak memerlukan pengobatan dengan antibiotik. kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,

Konjungtivitis bakteri dapat diobati dengan tetes antibiotik atau salep yang diresepkan oleh dokter anda. Apabila kondisinya sudah mulai parah, maka akan membuat anda sulit untuk membuka mata karena kelopak mata menjadi berkerak. Jika hal ini terjadi maka anda perlu mengkompres dengan air hangat yang dapat berfungsi untuk menghilangkan lendir atau kotoran yang telah mengeras pada bagian kulit kelopak mata anda.

Untuk mengurangi penyebaran konjungtivitis menular anda harus sering mencuci tangan, tidak saling berbagi obat tetes mata, kosmetik, handuk, atau waslap dan barang pribadi lainnya dan mengkonsumsi suplemen alami untuk kesehatan mata. kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,

6. Uveitis

kesehatan mataUveitis adalah peradangan pada lapisan tengah mata (uvea). Uvea adalah lapisan mata yang berisi arteri dan vena yang berfungsi untuk memberi nutrisi terhadap struktur penting yang digunakan dalam membantu penglihatan.

Penyebab uveitis disebabkan adanya trauma atau luka pada mata, infeksi, atau hematologi atau penyakit inflamasi atau peradangan yang mempengaruhi bagian lain dari tubuh. kesehatan mata,kesehatan mata,

Gejala utama uveitis adalah nyeri pada bola mata. Mata akan terlihat mera dan anda akan merasakan bagaimana penglihatan anda mulai kabur, kurangnya sensitivitas cahaya dan bercak atau noda dalam pandangan anda.

Pengobatan untuk masalah kesehatan mata uveitis tergantung pada penyebabnya. Anti-inflamasi atau antibiotik tetes, bersama dengan obat nyeri, atau obat alami lainnya dapat dijadikan alternatif pengobatan.

7. Pink Eye 

kesehatan mataAlergi mata yang parah dapat menyebabkan kerusakan pada mata yang dapat mengancam kesehatan mata serta penglihatan anda. Alergi dapat menyebabkan peradangan yang kronis yang dapat secara permanen merusak kornea. Penyebab alergi mata biasanya terkado karena alergi musiman, kepekaan terhadap kosmetik, obat, atau debu.

Obat OTC (over the counter)  tetes mata  atau obat yang bisa dibeli tanpa harus memiliki resep dokter yang mengandung antihistamin atau dekongestan biasanya dapat membantu masalah alergi mata ini.

Berkonsultasilah dengan dokter jika obat OTC tidak bekerja, atau jika anda mengalami nyeri yang semakin parah atau kemerahan mata yang ekstrim. kesehatan mata,kesehatan mata,

8.      Sty (Bintil di tepi pelupuk mata)

kesehatan mataSty (juga dieja bintil) adalah infeksi pada kelenjar minyak di dasar bulu mata. Bintil ini muncul dengan ditandai dengan jerawat yang timbul di tepi kelopak mata. Gejala bintil adalah nyeri, linu, kemerahan, dan bengkak dengan bintil kecil.

Bola mata pun seolah merasa jengkel karena merasakan sesuatu yang membengkak pada kelopak mata. Pengobatan untuk masalah kesehatan mata yakni bintil ini ialah dengan mengkompres dengan air hangat selama 10 menit pada daerah yang terinfeksi sampai enam kali dalam sehari.

Jika bintil mengembang, maka harus diberisihkan dengan sabun dan air yang khusus dan steril karena akan mengeluarkan darah dan nanah. Jika sty sudah sangat besar, menyakitkan dan sangat mempengaruhi penglihatan, maka segera konsultasikan pada dokter anda.

9.      Keratoconus

kesehatan mataKornea adalah permukaan yang jelas yang berfungsi untuk menutupi bagian depan mata. Lapisan kornea memiliki lapisan halus dan bulat, mengikuti kontur bola mata. Kelemahan dalam struktur kornea dapat menyebabkan tekanan dalam bola mata, menyebabkan tonjolan yang abnormal yang berbentuk kerucut kedepan mata yang disebut dengan keratoconus.

Perubahan bentuk kornea seperti ini membuat sulit bagi mata untuk anda untuk fokus, bahkan dengan bantuan kacamata atau lensa kontak sekalipun. Keratoconus yang merupakan masalah kesehatan mata ini juga dapat menyebabkan komplikasi selama melakukan operasi mata tertentu.

Melakukan pengobatan dengan memakai lensa kontak yang khusus dan transplantasi kornea atau alternatif lainnya merupakan solusi untuk masalah kesehatan mata ini. 

10.  Blepharitis

kesehatan mataBlepharitis adalah peradangan pada kelopak mata. Peradangan dapat ditemukan pada bagian luar (anterior) atau bagian dalam (posterior) kelopak mata dan gejala yang bisa dirasakan penderita adalah rasa seperti terbakar, gatal, bengkak, kulit terkelupas di dasar bulu mata, pengerasan kulit kelopak mata, robek, atau penglihatan kabur.

Penyebab umum dari blepharitis adanya masalah dengan kelenjar minyak di dasar kelopak mata, infeksi, atau kondisi bermasalah kulit mata lainnya.

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan cara menjaga kebersihan kelopak mata dengan baik, menggosok dengan lembut mengunakan campuran air dan sampo bayi yang lembut. Kasus blepharitis yang parah mungkin memerlukan antibiotik atau steroid.

11.  Kalazion(Kelopak mata kista)

kesehatan mataKalazion (juga disebut kista meibom, kista tarsal, atau granuloma konjungtiva) adalah masalah kesehatan mata yang dimana terjadi peradangan kelenjar kistik kecil di kelopak mata. Dengan adanya peradangan ini menyebabkan kelenjar menjadi tersumbat dan membengkak.  

Cara menyembuhkan kalazion yaitu dengan kompres hangat, meskipun dalam beberapa kasus mungkin memerlukan antibiotik.

Jika kalazion menjadi parah, masalah ini akan menyebabkan perubahan dalam penglihatan secara terus-menerus dan perlu dilakukan pembedahan untuk mengangkat kalazion ini.

12. Ulkus kornea

kesehatan mataSebuah ulkus kornea adalah sebuah kawah kecil (ulkus) pada bagian depan mata, yang biasanya timbul akibat dari infeksi bakteri, virus, atau jamur dapat menyebabkan masalah kesehatan mata ini.

Orang-orang yang biasanya memakai lensa kontak berada pada risiko yang lebih tinggi untuk ulkus kornea karena infeksi terjadi di belakang lensa.

Gejala dari ulkus kornea ini ialah munculnya rasa sakit, kemerahan, merasa seolah-olah mata tergores atau terdapat sesuatu yang ada di mata, kepekaan yang sangat terhadap cahaya, dan pandangan kabur.

Jika Anda menduga ulkus kornea atau memiliki gejala ulkus kornea akibat dari pemakaian lensa kontak, segeralah konsultasikan pada dokter mata anda. Antibiotik berdosis tinggi serta obat nyeri merupakan pengobatan untuk kondisi ini, selain alternatif lainnya yang mungkin harus anda coba.

13.  Retinopati Diabetes

kesehatan mataOrang yang memiliki penyakit diabetes biasanya memiliki masalah dengan pembuluh darah yang mereka miliki di seluruh tak terkecuali dengan mata sekalipun. Salah satu dari komplikasi dari diabetes ialah retinopati diabetes, yang mempengaruhi pembuluh darah di belakang mata anda yakni pada daerah retina.

Ada dua jenis retinopati diabetes, yaitu:

  1. Retinopati non-proliferatif: yakni jenis yang menyebabkan adanya pendarahan di retina atau kebocoran darah sehingga menyebabkan retina anda basah.
  2. Retinopati proliferatif: yakni jenis yang lebih parah dari non-proliferatif yang dimana sebuah pembuluh darah abnormal yang baru muncul dan tumbuh di retina. Akibat adanya pembuluh darah abnormal ini menyebabkan pendarahan, yang membuat vitreous (bagian berbentuk jelly di tengah mata) terganggu dan menyebabkan masalah penglihatan mata.   

Pengobatan dapat dilakukan dengan operasi laser, namun memiliki peluang untuk mengalami kerusakan secara permanen.

Maka cara yang terbaik untuk mencegah retinopati diabetes dengan menjaga glukosa anda tetap terjaga dan senantiasa memiliki gaya hidup sehat seperti menurunkan berat badan yang berlebihan dengan melakukan diet yang sehat, olahraga yang teratur, dan mengkonsumsi suplemen herbal yang membantu anda terhindar dari komplikasi diabetes.

14. Strabismus (Mata Juling)

kesehatan mataStrabismus (Mata juling) adalah salah satu masalah kesehatan mata yang dimana di suatu kondisi mata tidak bisa melihat ke arah yang sama sebagaimana mestinya. kesehatan mata, kesehatan mata,kesehatan mata,

Pada kasus ini mata yang satu melacak suatu kondisi gambaran yang berbeda dengan mata satunya yang normal sehingga menampilkan kondisi yang terputus-putus bagi penderita.

Seorang anak yang lahir dengan kondisi ini apabila dibiarkan maka akan menyebabkan masalah yang lain seperti penurunan daya pandang pada satu mata atau disebut amblyopia yang sudah pasti akan berdampak buruk pada penderita. kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,

Pengobatan untuk strabismus bisa dilakukan dengan latihan mata, atau menggunakan penutup mata pada mata yang normal atau lebih kuat , bahkan apabila kondisi ini tidak kunjung membaik sebaiknya anda sedini mungkin untuk melakukan pendiagnosaan awal kepada dokter untuk selanjutnya mungkin saja harus dilakukan operasi.

15. Mata Floaters

kesehatan mataBintik-bintik, garis lengkung, garis senar, bentukan yang tidak teratur, atau gumpalan yang mengambang ketika anda melihat disebut “mata floaters”. Floaters ini disebabkan oleh endapan atau kondensasi di bagian jelly vitreous mata anda. Floaters merupakan salah satu dari resiko penuaan yang ada pada diri anda.

Jika terjadi perkembangan floaters, atau terkait dengan nyeri mata yang di sertai dengan gejala-gejala diatas maka segeralah untuk diperiksa kepada dokter anda karena ini merupakan salah satu dari masalah kesehatan mata anda.

Dalam kasus floaters ini, umumnya tidak menyebabkan kebutaan dan sebagian besar tidak menimbulkan efek yang terlalu membahayakan. Pada saat ini tidak ada pengobatan yang pasti untuk meyembuhkan floaters ini, karena kebanyakan kasus floaters akan memudar atau menghilang dari waktu ke waktu.

Akan tetapi melakukan langkah-langkah antisipatif seperti menjaga pola makan dan tidur anda serta asupan nutrisi tambahan bagi mata anda sangatlah penting terutama bagi anda yang sudah lanjut usia disertai dengan kondisi mata yang tidak sehat.  kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,

16. Hyperopia (Rabun dekat)

kesehatan mataHyperopia atau rabun dekat adalah salah satu dari masalah kesehatan mata yaitu kesulitan untuk melihat fokus objek yang dekat. Hal ini sangat umum seiring dengan bertambahnya umur seseorang.

Hal ini disebabkan oleh kornea yang datar dan abnormal yang tidak memungkinkan cahaya untuk masuk secara fokus kedalam retina. Kacamata, lensa kontak, atau operasi dapat digunakan untuk langkah mengobati rabun dekat ini.

17. Myopia (Rabun jauh)

kesehatan mataRabun jauh (myopia) menyebabkan penderitanya tidak mampu untuk melihat objek secara jauh, meskipun mereka mampu untuk melihat benda atau objek di dekatnya secara jelas. kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,

Hal ini disebabkan terjadi banyak lengkungan yang terjadi pada kornea, sehingga terjadi masalah pada fokus retina. Myopia dapat dengan mudah disembuhkan dengan kacamata, lensa kontak atau bahkan operasi untuk kondisi kesehatan yang lebih permanen. kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,

18. Astigmatisme (Silindris)

kesehatan mataMasalah kesehatan mata yang lainnya adalah astigmatisme atau lebih kita kenal dengan silindris. Silindris menyebabkan objek yang dilihat oleh mata menjadi blur atau kabur, yang di akibatkan dari bentuk kornea yang tidak teratur sebagaimana mestinya. kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,

Kasus silindris biasanya merupakan bagian dari proses penuaan. Silindris bisa ditangani dengan kacamata, lensa kontak, atau operasi lanser mata bias. kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,

19. Buta warna

kesehatan mataWarna-warna yang kita lihat selama ini merupakan hasil dari bagaimana mata serta otak kita menginterpretasikan panjang gelombang-gelombang cahaya yang berbeda. kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,

Seseorang yang menderita buta warna akan sulit untuk melihat warna tertentu seperti merah, hijau dan biru. Buta warna disebabkan tidak adanya atau kerusakan sel warna yang sensitif yang terletak di retina.  

Sebagian besar dari masalah ini disebabkan faktor genetik yakni dilahirkan dengan kondisi demikian. Akan tetapi buta warna juga bisa juga terjadi akibat adanya penuaan, penyakit, trauma pada mata, ataupun efek dari obat-obatan tertentu. kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,

Jika penyebab utama buta warna adalah genetik, masalah tersebut tidak bisa diperbaiki, tetapi anda bisa melatihnya dengan berusaha mengadaptasi atau menafsirkan bagaimana nuansa dari warna tersebut.

Selalulah proaktif terhadap kesehatan mata

kesehatan mataMenjaga kesehatan mata merupakan syarat mutlak untuk melindungi mata anda dari berbagai macam gangguan kesehatan mata. Sepertihalnya selalu menggunakan pelindung mata untuk menghindari cedera tatkala melakukan aktivitas-aktivitas yang mungkin dapat membahayakan kesehatan mata anda. kesehatan mata,kesehatan mata,

Selalu gunakanlah kacamata hitam untuk melindungi mata anda dari paparan langsung sinar UV dari matahari. Bagi anda yang memiliki usia lebih dari 40 tahun, maka pemeriksaan rutin setiap dua tahun sekali untuk mengetahui bagaimana kondisi mata anda menjadi hal yang mutlak. kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,

Jika anda melihat gejala-gejala yang terjadi pada mata anda pada artikel ini, segeralah periksakan hal tersebut pada dokter mata anda. kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,kesehatan mata,

Untuk solusi permasalahan mata anda coba baca artikel berikut ini: klik disini