Bagaimana cara membuat facial wajah di rumah anda

Membuat facial muka alami,-

Membuat facial muka alami? Efektifkah?

Membuat facial muka alami dengan bahan yang alami, bagi anda yang memiliki kebiasaan pergi ke salon merupakan hal yang harus anda ketahui. Karena banyak keuntungan yang bisa anda peroleh dengan membuat facial muka alami di rumah anda sendiri, di antaranya mampu untuk menghemat biaya yang mesti anda keluarkan untuk pergi ke salon.

Berikut kami berikan 12 langkah membuat facial muka alami di rumah anda sendiri.

1. Tarik kebelakang rambut anda dan gunakan baju yang nyaman.

cara membuat facial muka alamiSaat ini anda akan berusaha untuk membuat dan menggunakan scrub, sauna dan masker. Pastikan rambut anda tidak menghalangi proses  yang penting ini. Gunakan juga baju yang nyaman untuk proses ini.

2. Gunakan Pembersih yang lembut untuk muka anda.

membuat facial muka alamiMembuat sebuah facial muka yang baik  ialah  muka dalam kondisi yang segar, bersih dan bebas keringat. 

  • Langkahnya adalah basahi wajah anda dengan air hangat dan bersihkan muka anda facial foam yang baik
  • Gunakan air hangat atau dingin dan jangan berlebihan 
  • Jika anda ingin membuat pembersih yang lebih mewah dengan kualitas terbaik, maka anda bisa mencoba menggunakan minyak zaitun, minuyak almond, dan minyak jojoba.,

3. Lakukan dengan cara membuat scrub sendiri.

membuat facial muka alamiTanda dari wajah yang baik adalah cerah, dan terlihat segar. Eksploasi adalah bagian yang sangat penting dari proses. Gunakanlah scrub pada wajah untuk menghilangkan bagian kulit mati. Apabila anda ingin membuat scrub sendiri,  sekarang pun anda dapat melakukannya dengan cara di bawah ini.

Cobalah salah satu campuran di bawah ini:

  • Untuk kulit berminyak: menggunakan campuran gula 1 sendok teh, 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh air
  • Untuk kulit normal: campuran 1 sendok teh bubuk oatmeal, 1 sendok teh madu dan susu 1 sendok teh
  • Untuk kulit kering: campuran 1 sendok teh almond bubuk, 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh minyak zaitun

4. Bilas wajah anda.

membuat facial muka alamiGunakan air hangat untuk membilas scrub dan pastikan anda membilasnya dengan maksimal di sekitar mata dan hidung. Jangan biarkan sedikitpun scrub menempel di wajah. Apabila telah selesai, maka keringkan wajah anda dengan handuk yang lembut.

5. Lakukan pijatan pada wajah.

membuat facial muka alamiPijatan pada wajah anda dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam jaringan wajah Anda, sehingga kulit anda akan terasa sehat dan terlihat lebih segar. Selain membuat kulit anda terlihat lebih sehat dan segar, pijatan juga dapat membantu memerangi bengkak dan keriput serta mengurangi stres pada kulit.

Lakukan pijat wajah dengan menggunakan teknik ini:

  • Pijat pipi anda dengan ujung jari Anda menggunakan gerakan melingkar. Kemudian gerakkan jari anda ke arah hidung, tulang pipi lalu kembali ke semula. Ulangi selama satu menit.
  • Pijat dahi anda, dimulai pada bagian kulit yang bergerak ke tengah. Ulangi selama satu menit.
  • Pijat daerah mata anda, mulai dari lengkungan alis anda, bergerak turun melewati sudut luar mata anda, mengarah ke bawah mata anda lalu arah hidung dan kembali ke alis Anda. Ulangi selama satu menit.

6. Memanfaatkan uap air. 

membuat facial muka alamiCara ini akan mampu untuk membuka pori-pori anda, sehingga membuat kotoran keluar dari wajah anda. 

Caranya adalah dengan anda menyediakan panci kecil air di atas kompor kemudian di didihkan. Sediakan juga handuk di atas kepala anda. Lalu tempatkan wajah anda tepat di atas panci, sehingga  wajah anda akan terkena uap. Lakukan proses ini selama tiga sampai lima menit kemudian hentikan.

Untuk membuat sauna herbal, tambahkan lima tetes ekstrak minyak zaitun, peppermint ataupun esensial lavender. Anda juga dapat menggunakan teh celup herbal atau mencoba charmomile atau mint.

7. Membuat masker wajah.

membuat facial muka alamiSebuah masker wajah akan mampu menarik kotoran dari pori-pori anda dan cara yang efektif dalam facial wajah anda. Ada banyak jenis masker yang dapat di temukan di sekitar anda,  akan tetapi masker buatan sendiri akan memiliki keunggulan yang jauh lebih baik. Selain itu, masker yang di buat sendiri dapat di sesuaikan dengan kebutuhan jenis kulit Anda. 

Cobalah salah satu masker wajah bergizi berikut ini:

  • Untuk semua jenis kulit: gunakan madu polos; karena memiliki kandungan pelembab dan sifat antibakteri yang baik untuk jenis kulit apapun. 
  • Untuk kulit berminyak: campuran 1 sendok teh kosmetik berbentuk tanah liat dan juga 1 sendok makan madu
  • Untuk kulit normal: campuran 1 sendok makan yogurt dan 1 sendok makan madu
  • Untuk kulit kering: campurkan 1/2 tumbuk pisang dan 1 sendok makan madu

8. Terapkan masker wajah dalam 20 menit.

membuat facial muka alamiKemudian lakukan perawatan berikut ini ini untuk membuat bagian lain wajah menjadi sehat:

  • Mengurangi kantung mata dengan menutup mata anda dan tempatkan irisan mentimun di atas mata selama lima menit. 
  • Bibir pecah-pecah dengan menggunakan sikat gigi untuk menggosok lapisan kulit mati. Oleskan lip balm ketika Anda selesai.

9. Bilas dengan air hangat.

membuat facial muka alamiSecara perlahan percikan air hangat pada wajah anda untuk menghilangkan masker kemudian pastikan madu tidak tertinggal sedikitpun di wajah anda. Karena dapat membuat wajah anda menjadi lengket. Kemudian, keringkan wajah anda dengan handuk lembut dan lihatlah di cermin. Apakah wajah anda bersinar sekarang?

10. Gunakan toner buatan anda sendiri.

membuat facial muka alamiSetelah pori-pori terbuka di sebabkan proses penguapan, maka saatnya anda untuk menggunakan toner. Toning pada kulit wajah akan mampu untuk menutup pori-pori anda, dan membantu kulit anda terlihat cerah dan awet muda. Cukup percikan toner pada beberapa bagian kulit di wajah anda dan biarkan toner tersebut menyerap ke dalam kulit. Apabila berlebih, cukup hilangkan dengan handuk lembut.

Anda sendiri pun dapat membuat toner dengan menggunakan salah satu dari bahan berikut ini:

  • air dingin biasa
  • 1 sendok teh cuka sari apel dicampur dengan 1 sendok teh air dingin
  • Witch Hazel
  • Air mawar

11. Lembabkan wajah anda.

membuat facial muka alamiGunakan pelembab favorit anda atau anda bisa membuatnya sendiri untuk menyelesaikan masalah wajah Anda. Pelembab akan menjaga kulit anda dari kekeringan, dam membuat facial muka anda menjadi lebih baik.

Anda dapat menggunakan salah satu dari berikut sebagai pelembab:

  • Untuk kulit berminyak: minyak jojoba atau lidah buaya 
  • Untuk kulit normal: minyak zaitun atau minyak almond 
  • Untuk kulit kering: minyak kelapa atau minyak argan

12. Tunggulah beberapa jam sebelum menggunakan kosmetik.

membuat facial muka alamiSemua proses facial muka dapat mengukus dan memproses kulit anda sehingga menjadi lebih halus dan sensitif. Maka hal yang penting di ingat untuk menunggu beberapa jam sebelum menggunakan kosmetik, karena kosmetik yang mengandung bahan kimia dapat menyebabkan iritasi kulit.

Apabila anda memiliki masalah dengan jerawat, temukan solusinya disini, 75 cara menghilangkan jerawat.

1 Comment

  1. Pingback: 5 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Jembatan Kesehatan

Comments are closed.