5 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Kulit

Semakin bertambahnya usia anda, mau tidak mau maka kulit anda akan semakin melemah dan tentunya semakin menua. Pada kondisi seperti inilah tentu kemampuan kulit semakin lemah di dalam melindungi diri dari segala macam radikal bebas yang menyerang, sehingga dalam kondisi seperti ini kulit anda akan mudah terserang penyakit kulit.

Dalam saat seperti inilah mengetahui makanan untuk kesehatan kulit dan mulai membiasakan diri dengan mengkonsumsinya secara rutin akan sangat membantu anda untuk tetap mempertahankan kesehatan kulit anda, sehingga dapat terhindar dari segala macam radikal bebas, bakteri dan virus lainnya yang saat ini sangat rentan terhadap kesehatan kulit anda.

makanan untuk kesehatan kulit

Berikut kami berikan informasi makanan yang baik untuk kesehatan kulit anda menurut Nicholas Perricone, MD, dermatolog bersertifikat dan penulis Ageless Face, Ageless Mind di Amerika.:

1. Stroberi

Stroberi memiliki lebih banyak zat anti-penuaan  yang terkandung dalam vitamin C, lebih besar dari jeruk ataupun anggur. Dan penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang yang makan makanan kaya vitamin C memiliki keriput lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Vitamin C akan sangat efektif melawan radikal bebas yang dapat merusak sel dan memecah kolagen dalam tubuh, yang mengarah pada terbentuknya kerutan halus. Untuk menjaga kulit agar tetap halus dan terhindar dari dehidrasi kulit sebaiknya oleskan masker alami yang terbuat dari bluberry sesekali dalam seminggu, dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C setiap hari, kata Ramona Ionescu, ahli kesehatan kulit di New York City Cornelia Day Resort.

Baca juga: 14 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Tips Cerdas:

Sediakanlah blender dan gabungkanlah 1 cangkir stroberi beku atau segar (atau buatlah campuran stroberi, raspberry, dan blueberry karena buah-buahan ini kaya akan antioksidan). Setelah selesai campurlah dengan 1 gelas cangki vannila tau yogurt alami tanpa campuran rasa dan satu setengah sendok makan madu alami. Minumlah sebagian dan sisakan sebagian lagi untuk melapisi kulit anda.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan dan anti peradangan yang tidak hanya menguntungkan bagi pemenuhan gizi kulit namun juga dapat melembutkan kulit anda. Dan yang menarik adalah “Zaman Roma Kuno dahulu adalah mengoleskan serta memijatkan minyak zaitun ke kulit mereka,” menurut Dr.Perricone.

 Ketika digunakan secara rutin, hasil minyak zaitun ini dapat menyehatkan, menghaluskan serta membuat kulit jadi lebih bercahaya. Ditambah apabila anda mengkonsumsinya secara rutin maka zat anti peradangan dan anti radikal bebas tidak akan mampu masuk ke tubuh anda. Terutama apabila kulit anda kering, sebaiknya anda gunakan minyak ini untuk melembabkannya.

Tips Cerdas:

Saat makan malam, masukanlah beberapa sendok makan minyak zaitun extra-virgin ke dalam mangkuk kecil, dan celupkanlah roti gandum ke dalamnya untuk memperbaiki kulit anda dari dalam ke luar. Oleskan juga sejumlah minyak zaitun extra-virgin pada bibir untuk melembabkan kulit bibir sehingga tidak terjadi pengkerutan pada bibir, ataupun menggunakannya pada bagian kulit yang kasar seperti lutut dan siku.

Baca juga: Cara membuat kulit wajah dan tubuh putih alami

3. Teh hijau

Teh hijau penuh dengan zat antioksidan yang dapat melawan peradangan pada kulit, ujar Dr Perricone. Terlebih lagi, penelitian dari Case Western Reserve University dan University of Alabama di Birmingham menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat mengurangi resiko terkena kanker kulit. Dan ketika Anda menambahkan jus jeruk ketika meminum teh hijau, maka antioksidan teh ini akan lebih banyak mendapatkan manfaat sehingga dapat mendorong daya tahan kulit tubuh menjadi semakin lebih baik.

Tips Cerdas:

Menumlah setidaknya tiga cangkir besar teh hijau setiap hari untuk meningkatkan zat antioksidan dalam tubuh, kata Madelyn Fernstrom, PhD, direktur pendiri Weight Management Center di University of Pittsburgh Medical Center. Kemudian dinginkan juga kantong teh basah di lemari es dan gunakan juga pada mata selama 10-15 menit. Teh hijau mengandung zat tanin, yang berfungsi sebagai zat yang sangat membantu mengurangi bengkak, menurut Dr Perricone.

4. Labu

Labu adalah buah berwarna orange merupakan zat yang dapat membantu menetralkan radikal bebas dalam kulit dan menjaga kulit dari kerusakan sel-sel yang cepat akibat dari penuaan. “Labu penuh dengan vitamin C, E, dan A, serta enzim yang kuat yang dapat membantu untuk membersihkan kulit dari bakteri-bakteri yang jahat,” menurut dokter kulit Kenneth Beer, penulis Palm Beach Perfect Skin. Ditambah juga labu memiliki sifat untuk melembabkan kulit, Ionescu menambahkan. Penelitian juga menunjukan bahwa biji labu memiliki kandungan serat makanan yang besar, dan memiliki zat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Tips Cerdas:

Sediakanlah blender, kemudian masukanlah 250 gram labu di tambah dengan 4 sendok makan yogurt, dan 4 sendok makan madu. Minumlah dan sisakan sebagian untuk masker wajah atau tubuh anda dan biarkan selama 10 menit dan bilas. Hal ini akan sangat baik untuk melembabkan dan melembutkan kulit, menurut lonescu.

5. Delima

Delima adalah salah satu buah yang paling kaya akan antioksidan,” kata Fernstrom. Penelitian menunjukkan jus buah ini memiliki lebih banyak antioksidan pelawan radang kulit daripada anggur merah atau bahkan teh hijau. Makan beberapa buah delima segar setiap hari atau menggunakannya sebagai facial wajah tentu akan sangat baik.

Terapkan sekali atau dua kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati, saran Cleo Londono, seorang pakar kecantikan dan pemiliki dari Metamorphosis Day Spa, di New York City.

Tips Cerdas:

Sediakanlah blender kemudian masukanlah delima yang sudah terlepas dari kulitnya, ditambah madu sebanyak 1 sendok dan susu murni secukupnya. Dengan hal ini anda akan dapat menciptakan suatu makanan yang kaya akan zat antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit anda.

Baca juga: cara membuat facial wajah di rumah

1 Comment

  1. Pingback: Impetigo - Penyebab, Gejala, Jenis, Obat, Pengobatan dan Pencegahan - Jembatan Kesehatan

Comments are closed.