WALATRA HEXABUMIN

Makanan Super Sehat untuk Penderita Penyakit Ginjal Yang Penting

Makanan untuk penderita gagal ginjal atau penyakit ginjal lainnya tentunya bagi anda yang berpotensi ataupun memiliki penyakit ginjal kronis (CKD) sangatlah perlu di perhatikan. Banyak sekali makanan super yang mengandung antioksidan dan sifat lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tak terkecuali bagi para penderita penyakit ginjal. Mengapa perlu untuk di ketahui? Karena orang-orang yang memiliki penyakit ginjal akan sangat beresiko tinggi juga untuk mempunyai masalah penyakit kardiovaskular daripada yang tidak memiliki masalah ginjal.

makanan penderita gagal ginjalOleh karena itu kami berikan anda sejumlah informasi mengenai makanan yang baik untuk orang-orang yang memiliki masalah ginjal, sehingga dengan rutin mengkonsumsi makanan tersebut anda akan mampu untuk menjaga kondisi ginjal menjadi lebih stabil dan bebas dari peradangan.

1. Kubis

Kubis merupakan sayuran cruciferous yang penuh dengan phytochemical, yaitu senyawa kimia yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran tertentu. Phytochemical berfungsi untuk memecahkan radikal bebas secara efektif. Dengan fungsi tersebut maka kubis secara efektif akan mampu membantu kesehatan ginjal anda. Kubis juga mengandung vitamin K dan C, tinggi serat dan sumber yang baik dari vitamin B6 dan asam folat, serta rendah kalium sehingga hal ini sangat baik untuk ginjal.

2. Bawang

Bawang merupakan makanan lain yang populer yang biasanya di gunakan untuk bumbu makanan. Bawang dipenuhi dengan flavonoid, khususnya quercetin. Flavonoid adalah bahan kimia alami yang mencegah deposit bahan lemak yang berada di pembuluh darah dan berfungsi menambah pigmentasi (warna) ke dalam tanaman. Quercetin merupakan antioksidan kuat yang diyakini dapat membantu mengurangi radang gagal ginjal dan melindungi terhadap berbagai bentuk kanker. Bawang juga memiliki sifat anti-inflamasi atau peradangan serta rendah kalium sehingg sangat baik untuk ginjal. Makanan ini juga mengandung kromium, mineral yang membantu tubuh anda dengan metabolisme lemak, protein dan karbohidrat.

3. Apel

Apel yang di konsumsi setiap hari akan sangat benar-benar membantu menjaga ginjal anda! Makanan yang tinggi serat dan anti-peradangan ini juga dapat membantu mengurangi resiko terkena kolesterol, mencegah sembelit, melindungi terhadap penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker. Apel dapat dimakan secara mentah ataupun di olah menjadi menu tertentu. Atau anda pun bisa mengolahnya dengan memprosesnya dengan menjadi minuman dengan di jus.

4. Stroberi

Stroberi kaya akan dua jenis antioksidan, ditambah mengandung banyak vitamin C, mangan dan serat. Stroberi memiliki zat anti-inflamasi dan anti-kanker dan juga membantu menjaga jantung anda sehat. Seperti kebanyakan buah, stroberi ini bisa di jadikan sereal atau minuman smoothie. Tambahkan topping buah-buah lainnya untuk menambah kenikmatan, ataupun di haluskan untuk tambahan segar makanan-makanan lainnya.

5. Putih Telur

Apakah Anda tahu bahwa putih telur mengandung kaya akan protein murni? Putih telur dapat menyediakan protein kualitas tertinggi yang sangat baik untuk para penderita ginjal kronis. Putih telur juga memiliki fosfor kurang dari sumber protein lain, seperti kuning telur ataupun daging. Gunakanlah putih telur untuk omelet atau olahan biskuit lainnya. Olahan telur yang telah di rebus pun dapat digunakan di dalam tuna ataupun salad hijau.

6. Ikan

Ikan merupakan sumber berkualitas tinggi protein yang di rekomendasikan untuk para penderita ginjal oleh  American Diabetes Association dan American Heart. Hal ini tidak lain ikan juga selain mengandung protein, ikan pun mengandung lemak anti-peradangan yang disebut omega-3. Lemak sehat ini dapat membantu mencegah penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung serta dapat memperbaiki fungsi ginjal secara bertahap. Selain itu juga ikan dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).
Jenis-jenis ikan yang memiliki paling banyak zat omega-3 adalah ikan salmon, albacore tuna, sarden, herring, dan rainbow trout.

7. Kale

Kale merupakan sayuran hijau yang kaya akan Vitamin A dan C, kalsium serta memiliki banyak kandungan mineral penting lainnya. Kale juga merupakan salah satu sumber utama dari karotenoid dan flavonoid, yang bermanfaat bagi kesehatan mata , zat anti-kanker dan menjaga fungsi dari ginjal. Sayur ini juga mengandung sumber signifikan dari vitamin K. Apabila puncak musim musim dingin di amerika, kale merupakan pilihan utama sayuran yang segar. Mencoba mengganti cemilan seperti keripik kentang yang tidak sehat di dapur anda dengan olahan keripik yang berasal dari kale panggang akan sangat baik untuk lebih menjaga kesehatan organ ginjal anda.

8. Bayam

Bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang tinggi akan vitamin A, C, K dan folat. Beta-karoten yang ditemukan dalam bayam pun sangat penting untuk meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh dan melindungi ginjal anda. Sayur ini juga merupakan sumber yang baik dari magnesium. Dengan sering mengkonsumsi bayam maka anda akan mampu melindungi fungsi ginjal agar tetap baik dan normal.

9. Bluberry

Bluberry merupakan peringkat ke satu di antara buah-buahan segar atau beku dan sayuran dalam kekuatan antioksidan. Hal ini disebabkan blueberry mengandung sumber kalori rendah serat dan vitamin C yang baik untuk kesehatan ginjal. Saat ini bluberry sedang dipelajari kemampuannya untuk melindungi tubuh terhadap tumbuhnya sel kanker dan pencegah penyakit jantung serta manfaatnya untuk kesehatan otak. Anda dapat menemukan buah segar ini di pasar atau supermarket sekitar anda.

10. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan sayur yang kaya akan beta-karoten dan merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A dan C. Ubi juga merupakan sumber yang baik dari vitamin B-6 dan kalium. Satu ubi jalar (yang memiliki panjang 5-inch) mengandung 112 kalori dan hampir 4 gram serat, menurut USDA National Nutrient Database yang baik untuk di konsumsi para penderita ginjal kronis. Anda pun bisa memakannya secara langsung atau di olah terlebih dahulu menjadi makanan yang enak untuk di konsumsi.

Baca juga: Jenis olahraga untuk penderita ginjal kronis

Apabila anda memiliki masalah dengan ginjal anda, sepertihalnya ginjal bocor, gagal ginjal, ataupun batu ginjal, kami beri anda solusi terbaiknya disini: Pengobatan Ginjal Kronis Alami

1 Comment

  1. Pingback: Jenis Olahraga yang Baik Untuk Penderita Penyakit Ginjal Kronis - Jembatan Kesehatan

Comments are closed.

Chat Via WhatsApp