Beragam Penyakit Kulit yang perlu anda waspadai

Penyakit kulit. Kulit merupakan bagian dari tubuh yang sangat bermanfaat bagi manusia. Bisa kita bayangkan apabila manusia di ciptakan tanpa dilengkapi dengan kulit, maka akan seperti apa rupa manusia. Seiring berjalannya usia, kulit manusia akan mengalami berbagai macam masalah.

Peradangan atau inflamasi kulit, perubahan tekstur dan warna kulit,  kemudian munculnya bintik-bintik (hitam, merah, putih dsb) pada kulit yang berawal dari infeksi kulit merupakan tanda- tanda dari munculnya masalah kulit.

Jika anda berpikir anda memiliki salah satu dari sekian macam penyakit kulit yang kami akan jelaskan di bawah ini, dan sepertinya tidak kunjung membaik, sebaiknya memeriksa hal tersebut pada dokter merupakan langkah yang bijak.

Berikut merupakan masalah kesehatan kulit yang bisa sewaktu- waktu menimpa anda:

1.  Shingles atau Herpes Zoster

Herpes Zoster penyakit kulit yang berawal dari munculnya bintik-bintik merah pada kulit yang terasa gatal, perih, terbakar atau bahkan berpadu di antara semuanya. Herpes zoster ini biasanya muncul di bagian bokong, tangan, dan kaki, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga di daerah yang lainnya.

Penelitian menunjukan bahwa biasanya terjadi peradangan dari herpes zoster ini berlangsung sekitar dua minggu, akan tetapi rasa sakit, mati rasa, dan gatal-gatal bisa berjalan berbulan-bulan, bertahun-tahun atau bahkan seumur hidup anda.

Melakukan pengobatan seperti menggunakan obat krim, pil, ataupun anti depresan merupakan salah satu alternatif yang perlu anda lakukan sedini mungkin sebelum anda mengalami rasa sakit yang berkepanjangan.

2. Hives  atau Biduran

Biduran atau Urtikaria ini merupakan masalah kesehatan kulit yang terasa gatal, menyengat, dan terbakar yang berpadu menjadi satu. Sungguh sangat tidak menyenangkan.

Dalam penjelasan webmd.com, penyebab munculnya biduran adalah suhu ekstrim, infeksi seperti radang tenggorokan , alergi terhadap obat-obatan serta makanan, dan terlalu adiktif terhadap makanan- makanan tertentu. Obat yang mengandung antihistamin dan krim kulit dapat membantu anda mengurangi radang penyakit kulit ini.

3. Psoriasis

Psoriasis memiliki tanda seperti kulit tebal yang berwarna merah yang tertutupi oleh sisik putih atau perak. Menurut penjelasan dokter, psoriasis bekerja pada sistem imun yang  memicu sel-sel kulit baru untuk tumbuh terlalu cepat, tetapi dalam kondisi yang serupa sistem imun tidak menyadari apa penyebabnya.

Psoriasis biasanya muncul pada bagian kulit kepala anda,  siku, lutut, dan punggung bawah. Dalam prosesnya, seandainya anda sembuh maka tetap akan ada peluang psoriasis ini kembali menyerang anda. Oleh karena itu melakukan penanganan  seperti menggunakan krim, salep ataupun obat yang di minum berbentuk suplemen maupun pil merupakan cara yang baik untuk mengantisipasi psoriasis sedini mungkin.

4. Eczema atau Eksim

Eksim adalah istilah yang di gunakan untuk kondisi penyakit kulit non menular yang menyebabkan kulit meradang, merah, kering dan gatal. Dalam  webmd.com, dokter berdalih tidak terlalu yakin apa yang menjadi penyebab munculnya eksim. Namun dalam faktanya mereka meyakini bahwa stres, iritasi (disebabkan bahan sabun yang terlalu keras), alergi, dan iklim menjadi faktor yang dapat menyebabkan eksim.

Pada orang dewasa, eksim biasanya muncul pada bagian siku, tangan, dan pada lipatan kulit. Beberapa alternatif pengobatan bisa di lakukan untuk mengobati eksim, di antaranya dengan menggunakan krim ataupun suplemen kulit.

5. Rosacea

Rosacea merupakan masalah kesehatan kulit yang biasanya di tandai dengan kemerahan pada daerah yang rawan seperti hidung, dagu, pipi ataupun dahi. Kondisi terparah dari rosacea ialah pecahnya pembuluh darah anda pada bagian kulit yang rawan. Keadaan lainnya dari rosacea adalah terjadinya penebalan kulit, sehingga muncul benjolan yang berisi nanah. Rosacea juga dapat mempengaruhi kondisi penglihatan mata anda apabila peradangan terjadi di sekitar mata anda.

Alternatif pengobatannya ialah anda dapat berkonsultasi pada dokter karena dapat membantu menghilangkan rosacea  dengan mengobati pembuluh darah yang pecah atau merah, dengan menggunakan laser.

6. Cold Sores (Fever Blisters) atau Herpes Simpleks

Virus herpes simpleks menyebabkan benjolan kecil maupun besar yang menyakitkan dan berisi cairan. Biasanya herpes simpleks ini terjadi pada daerah sekitar mulut atau hidung. Herpes simpleks ini sangatlah mudah ntuk menular.

Pemicu dari herpes simpleks ini adalah demam, terlalu sering terpapar sinar matahari, stres, dan perubahan hormonal seperti periode menstruasi. Anda dapat mengobati luka dingin dari herpes simpleks ini dengan krim maupun pil antivirus herpes simpleks.

Jika luka anda telah berisi nanah, kemerahan, menyebar serta anda pun mengalami demam dan juga mata iritasi, sebaiknya membawanya ke dokter merupakan alternatif yang sangat baik. Tetapi bila anda mempunyai cara pengobatan alami herpes simpleks maka itu jauh lebih baik.

7. Rash atau Ruam

Kulit Ruam merupakan gejala penyakit kulit pada kulit yang menyebabkan rasa gatal yang di awali dengan kemerahan serta pembengkakan pada bagian kulit. Biasanya apabila tidak segera di tangani, maka bagian kulit yang ruam akan melepuh setelah waktu 12 sampai 72 jam.

Penyebab dari kulit ruam ini banyak sekali, di antaranya adalah efek samping dari obat-obatan, alergi, make up, dan bermacam kuman dan bakteri lainnya.

8. Razor Bumps atau Luka Bekas Cukuran

Luka Bekas Cukuran terjadi saat anda mencukur bulu pada kulit tubuh anda, sehingga terjadi iritasi yang bisa menimbulkan jerawat ataupun scars. Untuk meminimalisir luka bekas cukuran, anda bisa menggunakan air hangat sebelum mencukur bulu pada bagian apapun. Kemudian cukurlah bulu sesuai arah bulu tumbuh, janganlah berlawanan. Karena apabila berlawanan maka akan menimbulkan luka. Apabila perlu, gunakanlah krim khusus untuk mencukur bulu sehingga tingkat iritasi bisa di minimalisir.

9. Skin Tags atau Kutil

Kutil merupakan masalah kesehatan kulit yang umumnya terjadi pada wanita dan orang tua. Kutil juga biasanya bisa di temukan pada bagian leher, dada, punggung, ketiak, bawah payudara, atau di daerah selangkangan. Kutil tidaklah berbahaya, hanya saja akan sangat mengganggu penampilan si penderitanya terlebih apabila kutil tersebut berada pada bagian tubuh yang biasa terlihat.

Cara menghilangkan kutil biasanya apabila anda pergi ke dokter kulit maka mereka akan melakukan cara seperti pemotongan, pembekuan atau pembakaran untuk menghilangkan kutil.

10. Acne atau Jerawat

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sel-sel minyak yang menyebabkan kulit menjadi meradang. Sementara itu, pori-pori yang tetap terbuka dan berubah menjadi gelap disebut dengan komedo. Adapun pori-pori tetap tertutup tetapi mengandung bakteri maka akan menjadi whiteheads atau komedo putih.

Bakteri dan hormon merupakan faktor utama yang memicu munculnya jerawat jerawat. Pada umumnya jerawat paling sering muncul di wajah, dada, dan punggung. Anda juga bisa mendapatkan jerawat berisi nanah dan lemak.

Agar tidak terjadi jerawat, penting untuk anda menjaga kebersihan daerah kulit yang memproduksi minyak seperti wajah, dada, dan punggung serta tidak meremas jerawat anda.

Baca artikel terkait: 75 cara menghilangkan jerawat

11. Athlete’s Foot atau Infeksi Jamur Kaki

Infeksi Jamur Kaki ini menyebabkan kulit kaki anda menjadi terkelupas dan berubah menjadi merah, gatal, dan terasa seperti terbakar.  Selain itu jamur kaki juga dapat menyebabkan lecet dan luka pada kulit.

Untuk mencegah infeksi jamur kaki ialah berusaha untuk menghindari saling meminjamkan sepatu dengan orang yang terinfeksi jamur kaki. Hindarilah juga untuk berjalan tanpa alas kaki di tempat kamar ganti atau di sekitar kolam renang.

Cara mengobati infeksi jamur kaki ialah dengan menggunakan lotion anti jamur kaki ataupun menggunakan krim herbal alami yang dapat menghilangkan jamur kaki secara efektif. Apabila cara ini tidak berhasil, berkonsultasilah dengan dokter kulit terdekat.

3 Comments

  1. Pingback: Rosacea - Tanda, Gejala, Mengobati dan Mencegah - Jembatan Kesehatan

  2. Pingback: Psoriasis - Penyebab, Gejala, Obat, Cara Mengobati & Mencegah - Jembatan Kesehatan

  3. Pingback: 5 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Jembatan Kesehatan

Comments are closed.