75 Cara Menghilangkan Jerawat Alami, Cepat, & Tuntas

Cara menghilangkan jerawat cepat dan tuntas tentunya merupakan hal yang harus diketahui oleh para penderita jerawat, terutama usia remaja yang sangat rawan terkena penyakit kulit ini. Apabila tidak ditangani dengan betul, maka jerawat yang anda miliki akan semakin banyak dan bertambah sulit untuk menghentikannya. Oleh karena itu, mengetahui cara menghilangkan jerawat secara alami, cepat dan tuntas sudah merupakan hal yang harus diketahui secara mendalam oleh para penderitanya. Baca juga ⇒ Obat Herbal Penyakit Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat

Tetapi sebelum melanjutkan kedalam inti pembahasan nya, maka lebih baik anda ketahui terlebih dahulu jerawat dan apa penyebabnya. 

Apa itu Jerawat?

Jerawat adalah peradangan pada kulit yang  dimana kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) menjadi terinfeksi karena

adanya bakteri, membengkak, dan akhirnya terisi dengan nanah.

Apa penyebab jerawat?

Jerawat disebabkan karena keluarnya sebum berlebih dari kelenjar minyak dan biasanya jerawat umumnya terjadi

pada wajah, leher, punggung dan bahu.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat?

Dalam penjelasannya, cara menghilangkan jerawat terbagi menjadi 3 pembahasan utama:

  1. Cara Menghilangkan jerawat secara Eksternal
  2. Cara Menghilangkan jerawat secara  Internal
  3. Cara Menghilangkan jerawat dengan Membangun kebiasaan yang baik

CARA MENGHILANGKAN JERAWAT SECARA EKSTERNAL:

1. Masker wajah dengan putih telur

cara menghilangkan jerawatMenurut referensi dari livestrong.com, putih telur memiliki kandungan nutrisi yaitu 10 persen protein, vitamin, mineral dan glukosa dan air hampir 90%, dan juga terdapat zat Lisozim yang terbukti ampuh membunuh bakteri dan salah satu cara menghilangkan jerawat.

Caranya: Campur dan aduklah satu sendok lemon dengan dua putih telur kemudian oleskan dengan rata pada wajah anda. Biarkan hingga 30 menit, lalu hilangkan dengan air hangat.

2. Masker Pure Aloe Vera/Lidah Buaya

cara menghilangkan jerawatDeanne Tenney dan Rita Elkins, penulis manfaat “Aloe Vera”, menjelaskan bahwa menggunakan secara rutin gel Aloe Vera untuk wajah akan membantu membuat kulit lebih halus dan mengurangi peradangan. Dan juga terbukti sebagai cara menghilangkan jerawat yang efektif.

Caranya: Ambillah Aloe Vera kemudian lalu buanglah bagian keras kulitnya dengan menggunakan pisau. Ambil bagian dalam dan hancurkan dengan menggunakan blender atau alat lainnya. Ambillah gelnya dan ratakan pada kulit wajah terutama bagian yang berjerawat. 

3. Minyak Pohon Teh

cara menghilangkan jerawatMenurut draxe.com, minyak pohon teh memiliki zat antibakteri yang membantu melawan bakteri yang menyebabkan masalah kulit, mengurangi kemerahan dan peradangan jerawat. 

Caranya: Celupkan bola kapas dalam minyak esensial pohon teh, lalu oleskan pada daerah yang terkena. Bilas wajah  anda setelah 15 sampai 20 menit. Cara menghilangkan jerawat ini harus anda coba. 

4. Bawang Putih

cara menghilangkan jerawatMenurut referensi dari homeremediesforlife.com, bawang putih memiliki anti – bakteri, anti jamur, anti-virus dan anti – sifat septik yang membantu mencegah pori-pori tersumbat dan dengan demikian, mengurangi jerawat. Namun pastikan bawang putih yang digunakan telah dihancurkan. Ini salah satu cara menghilangkan jerawat yang baik.

Caranya: Hancurkan bawang putih di mangkung, atau hancurkanlah dengan pisau di tempat yang steril. Kemudian gunakan kapas untuk mengambil ekstrak dari bawang putih tadi, lalu oleskan pada bagian yang terkena. Biarkan selama 5 menit dan bilaslah dengan air hangat.

5. Air Lemon

cara menghilangkan jerawatCara menghilangkan jerawat yang ke 5 adalah menggunakan Lemon. Lemon memiliki kandungan anti-bakterial dan anti-mikroba yang dapat secara efektif membantu mengobati jerawat anda. Ini berdasarkan informasi dari homeremediesforlife.com

Caranya: Cukup keluarkan air dari lemon dengan cara di jus ataupun di peras, lalu masukan kapas ke dalam air lemon dan tempelkan pada jerawat anda sebelum tidur. 

6. Es Batu

cara menghilangkan jerawatEs batu dapat membantu anda untuk mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit dan masih banyak manfaat lainnya yang dapat membantu anda dan merupakan cara menghilangkan jerawat yang cepat. Informasi ini di dapat dari homeremediesforlife.com. 

Caranya: cukup ambil es batu, lalu tempelkan es batu pada muka anda selama beberapa saat, lalu pijatlah.

7. Masker Wajah Strawberry+Madu+Lemon

cara menghilangkan jerawatMenurut informasi dari beautybanter.com, cara menghilangkan jerawat yang baik salah satunya adalah menggunakan  Strawberry. Strawberry merupakan sumber alami asam salsilat. SA adalah bahan anti jerawat yang umum yang digunakan untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo tanpa mengeringkan kulit. 

Lemon memiliki astringent alami yang mengencangkan pori-pori dan mencerahkan kulit (karena lemon dipenuhi dengan vitamin C dan antioksidan) Madu merupakan memiliki zat humectant sehingga mampu mengunci kelembaban yang diperlukan untuk menjaga kulit terhidrasi dan mampu menenangkan kulit.

Caranya: Sediakanlah 5 buah strawberry lalu Irislah dan lembutkan dengan menggunakan garpuh atau di jus. Kemudian campurkan 1 mendok madu alami dan juga air keluaran dari ¼ buah lemon. Kemudian hasilnya masukan dalam kulkas selama 10 menit. Setelah  selesai, ratakan hasilnya itu ke wajah anda, dan biarkan 7-12 menit dan rasakan manfaatnya. 

8. Minyak Lavender

cara menghilangkan jerawatMinyak lavender esensial dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan kulit karena merupakan stimulan sirkulasi. Terjadinya peningkatan darah ke kulit membawa nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk sel-sel bersama dengan oksigen, sehingga sel kulit akan menjadi lebih sehat dan bercahaya. Ini merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat rekomendasi dari everything-lavender.com.

Caranya: cukup tuangkan minyak lavender pada muka anda, terutama bagian yang terkena jerawat.  

9. Masker Jahe

cara menghilangkan jerawatLoveforyourskin.net menjelaskan bahwa Jahe digunakan untuk mengobati jerawat maupun bekas jerawat karena unsur-unsur anti- inflamasi alami yang di miliki oleh jahe yang membantu mengurangi jerawat meradang (seperti jerawat cystic). Jahe merupakan cara menghilangkan jerawat yang baik yang harus coba anda ikuti. 

Caranya: Sediakan 1 buah jahe ukuran sedang atau besar, lalu hancurkanlah dengan cara di blender. Setelah itu terapkanlah pada bagian wajah yang terkena jerawat. Hal ini sangat efektif untuk menghilangkan jerawat

10. Minyak Zaitun

cara menghilangkan jerawatNewhealthguide.org menjelaskan bahwa cara menghilangkan jerawat dengan Ekstrak Minyak zaitun sangat baik karena mengandung antioksidan yang sangat kuat yang disebut sebagai polifenol. Antioksidan ini  membantu menjaga anda tetap dalam kondisi lembab, dan tentunya merupakan cara mengobati jerawat anda.

Caranya: gunakan minyak zaitun ini pada kulit yang terkena jerawat secara rutin setiap hari, terutama sebelum tidur. 

11. Teh Hijau

cara menghilangkan jerawatCara menghilangkan jerawat yang ke 11 yaitu dengan teh hijau. Teh hijau mengandung katekin 6 aktif yang meliputi epicatechin, gallate, epigallocatechin, epicatechin, gallocatechin, epigallocatechin yang dapat membantu kulit anda bebas dari jerawat. Informasi ini didapat dari loveforyourskin.net

Caranya: Masukan 1 sendok green tea ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan air secukupnya, sehingga membuatnya menjadi krim. Lalu oleskan seluruh wajah anda, sambil memijat-mijat daerah yang terkena jerawat atau rawan jerawat. Diamkan setelah 5-10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

12. Masker Tomat

cara menghilangkan jerawatHomeremediesforlife.com menjelaskan bahwa Tomat mengandung vitamin A, C, K, E, B1, B2, B3, dan B6, yang membantu mengecilkan  pori-pori dan menyehatkan kulit. Tomat juga mempunyai zat yang alami,sehingga membuat kulit kencang, bebas jerawat dan bebas kerut. 

Caranya: Blender 1 buah tomat, lalu oleskan secara merata. Diamkan selama 10-15 menit, dan bilas dengan air  hangat. Cara menghilangkan jerawat dengan tomat ini harus anda coba di rumah anda.

13. Masker Oatmeal

cara menghilangkan jerawatOatmeal merupakan cara menghilangkan jerawat yang memiliki kemampuan sifat menenangkan dan exfoliating yang mampu mengangkat sel kulit mati, menyerap minyak berlebih dan meringankan ketidaknyamanan yang berhubungan dengan jerawat. Penjelasan ini didapat dari livestrong.com

Caranya: Masker Oatmeal dapat di buat dengan cara merebus ½ cangkir oatmeal di ⅓ gelas air dan biarkan dingin. Setelah itu terapkanlah pada area kulit yang terkena jerawat dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

14. Potongan Kentang

cara menghilangkan jerawatDengan menggunakan kentang anda bisa menghilangkan jerawat serta menghilangkan bekas jerawat juga. 

Caranya: Siapkan 1 buah kentang. Lalu irislah dengan irisan yang tipis. Lalu tempelkan pada jerawat maupun bekas jerawat. Diamkan 15 menit, lalu bilaslah dengan sabun muka antibakteri. Tips di dapat dari naturalacnemed.com. 

15. Ekstrak Minyak Kelapa

cara menghilangkan jerawatOrganicfacts.net menjelaskan bahwa cara menghilangkan jerawat yang tidak kalah baiknya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa yang murni, dapat membantu anda untuk menghilangkan jerawat karena mempunyai Fatty acids, anti peradangan, dan vitamin E.

Caranya: Anda bisa membelinya di toko maupun apotek terdekat.  Lalu gunakan lah pada bagian yang terkena

16. Masker Pepaya

cara menghilangkan jerawatPepaya disebut juga ‘buah dari malaikat’, kaya akan vitamin A, C dan E, dan memiliki zat antioksidan. Pepaya juga melembutkan dan menghilangkan jerawat, noda, bintik-bintik gelap dan masalah serupa lainnya. Tips ini di dapat dari top10homeremedies.com

Caranya: Sediakan pepaya sebanyak 100 gram atau jumlah yang dirasa cukup untuk wajah anda. Lalu hancurkan pepaya tersebut dalam blender. Setelah selesai, tempatkan hasilnya pada wajah anda. Diamkan selama 15-20 menit,  lalu bilaslah dengan air hangat.

Temukan cara menghilangkan jerawat seperti ini disini, klik gambar:

cara menghilangkan jerawat

17. Masker Mentimun

cara menghilangkan jerawat Homeremediesforlife.com menjelaskan bahwa mentimun mengandung banyak vitamin esensial (A, C dan E), mineral (kalsium, kalium, magnesium dan fosfor) dan asam amino yang membantu kulit anda menjadi lebih sehat dan tentunya menghilangkan jerawat. 

Caranya: Dengan cara menyiapkan 1 buah mentimun, kemudian hancurkan dengan blender.  Setelah itu, tempelkan hasilnya pada wajah anda menggunakan bola kapas.  Biarkan selama 10 menit, lalu bilaslah dengan air hangat.

18. Masker Pisang

cara menghilangkan jerawat Buah pisang memiliki kandungan vitamin A, B, E dan Potasium yang memiliki kemampuan untuk memerangi keriput, menghilangkan jerawat, mencerahkan kulit dan banyak lagi.

Caranya: Dengan cara menyiapkan satu buah pisang berkualitas terbaik di kelasnya, lalu blenderlah. Setelah itu terapkan pada wajah anda 10-15 menit. Lalu bilaslah dengan air hangat. Tips ini di dapat dari naturalbeautytips.co.

19. Masker Alpukat+Madu

cara menghilangkan jerawat Homeremediesforlife.com menjelaskan bahwa salah satu cara menghilangkan jerawat adalah dengan buah Alpukat. Alpukat memiliki efek pelumas pada kulit, sehingga dapat membantu kulit anda lembut dan lentur. Begitu juga madu memiliki nutrisi-nutrisi yang sangat baik untuk mengobati jerawat.

Caranya: Hancurkanlah alpuket dalam blender secukpunya.  Setelah itu, campurkanlah madu sebanyak 1 sendok. Kemudian tempatkan hasilnya pada wajah anda dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilaslah menggunakan air hangat.

20. Cuka Apel

cara menghilangkan jerawat Cuka apel memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri, menghilangkan kotoran berlebih, minyak dan make up dan menghancurkan sel-sel kulit mati. Tips ini di dapat dari mindbodygreen.com.

Caranya: Anda bisa mendapatkannya di toko ataupun apotek yang terdekat. Lalu gunakanlah pada bagian yang  terkena jerawat.

21. Masker Yogurt

cara menghilangkan jerawat Yogurt memiliki zat alami dan penuh vitamin yang baik bagi kulit baik luar maupun dalam.

Caranya: Cukup untuk membelinya di supermarket atau yang lainnya,  pilihlah yogurt dengan kualitas yang terbaik. Setelah itu gunakan yogurt itu di muka anda, oleskan secara rata dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilaslah dengan air hangat. Tips ini di dapat dari livestrong.com 

22. Masker Cengkeh

cara menghilangkan jerawat Searchhomeremedy.com menjelaskan Cengkeh merupakan bahan yang sangat baik untuk membersihkan jerawat dari kulit Anda dan merupakan cara menghilangkan jerawat yang banyak orang tidak mengetahui. 

Caranya: Gilinglah 3-4 siung cengkeh menjadi bubuk dan campurkan cengkeh yang telah hancur ini dengan satu sendok teh hijau.  Kemudian campur dengan air secukupnya, sehingga menjadi sebuah krim. Dan kemudian  terapkan langsung pada bagian jerawat anda selama 10 menit, dan lihatlah hasilnya. Lakukan hal ini sampai anda merasakan dampaknya. 

23. Masker Kayu Manis

cara menghilangkan jerawat Para peneliti telah menemukan bahwa, kayu manis dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.  Anda tidak akan mendapatkan hasilnya dalam semalam, akan tetapi harus menggunakan secara rutin. Tips ini di dapat dari  progressivehealth.com. 

Caranya: Gilinglah kayu manis hingga halus, kemudian campurkan dengan madu. Lalu oleskan pada jerawat atau daerah rawan jerawat. Diamkan selama 10-15 menit, dan bilaslah dengan air hangat.  

24. Masker Kunyit

cara menghilangkan jerawat Healthyandnaturalworld.com menjelaskan bahwa salah satu cara menghilangkan jerawat yang sedikit orang tau adalah kunyit, yang merupakan obat alami yang efektif jerawat. Kunyit memiliki kandungan antibakteri yang dapat membunuh bakteri yang menimbulkan jerawat.

Caranya: Ambillah sepotong kunyit mentah dan segar. Gilinglah, kemudian oleskan kunyit tersebut pada bagian wajah, leher, bahu dan dada. Tunggu sampai kering, lalu bilaslah dengan air hangat.

25. Masker Daun Neem

cara menghilangkan jerawat Daun nimba memiliki zat antibakteri, antijamur dan antivirus yang efektif pada infeksi kulit. Mereka juga menenangkan iritasi dan mengurangi peradangan tanpa mengeringkan kulit.

Caranya: Rebus beberapa daun nimba sampai terlihat menjadi layu. Kemudian perhatikan air akan berubah menjadi warna daun.  Saring air ini dan gunakan untuk wajah anda. Gunakan air ini untuk mandi anda, maka akan bermanfaat utnuk membantu dalam menjaga infeksi kulit. Informasi ini di dapat dari thehealthsite.com

26. Masker Daun Basil

cara menghilangkan jerawat Daun Basil atau ‘tulsi’ adalah ramuan obat, yang dikenal untuk menghilangkan jerawat. Hal ini disebabkan daun basil mampu mengusir bakteri bernama Propionibacterium acnes dan akhirnya menjaga jerawat dan segala macam lainnya. Tips ini di dapat dari beautyglimpse.com. 

Caranya: Haluskan daun basil dengan cara menumbuknya, lalu campurkan satu sendok madu kedalam daun basil yang telah dihaluskan kemudian terapkan pada jerawat atau bagian yang lainnya yang rawan jerawat.

27. Masker Bubuk Pohon Cendana

cara menghilangkan jerawat Thefitindian.com menjelaskan bahwa Bubuk Pohon Cendana ini mempunyai zat Anti-penyamakan kulit, anti- penuaan, dan zat pelunak  atau pelembut dan merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat yang ampuh. 

Caranya: Ambil 2-3 sendok makan bubuk cendana dan campurkan air untuk membuatnya menjadi mengental. Kemudian oleskan pada kulit yang terkena jerawat. Biarkan kering, kemudian gosok dengan lembut untuk menghilangkan bubuk cendana.

28. Masker Daun Mint

cara menghilangkan jerawat Daun mint memiliki zat menthol dan sifat antibakteri,yang dapat menjadi solusi untuk perawatan kulit dan menyingkirkan jerawat. 

Caranya: Haluskanlah daun mint menggunakan blender atau di tumbuk, kemudian campurkan juga ketimun secukupnya. Lalu oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilaslah menggunakan air hangat. Sumber dari informasi ini di dapat dari wikihow.com. 

29. Masker Ketumbar

cara menghilangkan jerawat Thebeautygypsy.com menjelaskan bahwa Ketumbar ini ternyata penuh dengan zat antioksidan yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas yang  merusak kulit, juga memiliki mineral yang ramah terhadap kulit dan meningkatkan vitamin C, sehingga terbukti untuk menghilangkan jerawat.

Caranya: Haluskan ketumbar menggunakan blender. Lalu campurkan juga dengan mentimun. Lalu tempelkan pada bagian kulit yang terkena jerawat.

30. Masker Klabet

cara menghilangkan jerawat Klabet selain dikenal mampu untuk membantu para penyakit diabetes, klabet memiliki zat anti-inflamasi kulit yang mampu mengurangi peradangan, termasuk jerawat, kemerahan, psoriasis, kulit peradangan, termasuk jerawat juga.

Caranya: Rendam beberapa klabet pada malam hari, lalu gilinglah pada keseokan harinya. Kemudian gunakan pada bagian kulit yang terkena jerawat. Diamkan selama 1 jam, lalu bilaslah dengan air hangat. Informasi ini di dapat dari annmariegianni.com.

31. Masker Serbuk Kulit Jeruk

cara menghilangkan jerawat Bellatory.com menjelaskan bahwa apakah anda tahu bahwa dalam setiap 100 gram kulit jeruk mengandung 136 miligram vitamin C, sedangkan bagian dalamnya memiliki 70 miligram / 100 gram. 

Vitamin C tidak hanya mampu memerangi radikal bebas yang merusak sel-sel kulit yang berfungsi tetapi juga  Vitamin C sangat baik untuk membantu mencerahkan wajah anda dan tentunya menghilangkan jerawat.

Caranya: Siapkan kulit jeruk (rekomendasi: Jeruk sunkist) sekitar 250 gram atau secukupnya. Kemudian jemur dibawah matahari 1 sampai 2 hari sampai kering. Ketika proses penjemuran, diusahakan untuk menutupnya dengan sesuatu yang bisa melindunginya dari debu maupun serangga seperti plastik ataupun lainnya. Setelah itu tumbuk  kulit jeruk itu, atau blender, sehingga di dapat serbuk kulit jeruk tersebut. Lalu campurkan dengan air secukupnya, dan oleskan pada wajah yang terkena jerawat.   

32. Masker Pala

cara menghilangkan jerawat Pala ini mempunyai kandungan antivirus dan antibakteri yang mengurangi kemungkinan infeksi, pori-pori tersumbat, dan sebagai pengontrol minyak. Tips ini di dapat dari livestrong.com

Caranya: Siapkan 1 sendok makan pala yang sudah dihaluskan, dan campur dengan madu 1 sendok makan. Setelah itu oleskan pada bagian wajah atau badan yang terkena jerawat maupun gatal-gatal karena jerawat. 

Temukan cara menghilangkan jerawat seperti ini disini. klik gambar:

cara menghilangkan jerawat

33. Masker Biji Wijen

cara menghilangkan jerawat Acne.org menjelaskan bahwa biji wijen bisa jadi alternatif anda juga karena memiliki zat yang kaya akan zinc dan dan mineral lainnya, yang dapat membantu anda menghilangkan jerawat.

Caranya: Sediakan biji wijen 1 sendok yang telah di haluskan, kemudian campur dengan 1 sendok madu. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang terkena jerawat. Lalu bilaslah dengan air hangat setelah 10 menit.

34. Masker Buah Delima

cara menghilangkan jerawat Delima adalah buah yang sarat dengan antioksidan dan memiliki tiga kali lebih banyak antioksidan dari teh hijau.Delima juga memiliki kandungan vitamin yang tinggi seperti A, E, C yang membantu dalam menghilangkan jerawat.

Caranya: Sediakan 1 buah delima, kemudian di haluskan dengan cara di blender. Kemudian tambahkan 1 sendok madu, lalu tempelkan pada bagian yang terkena jerawat, Biarkan selama 15 menit dan bilaslah dengan air hangat. Informasi ini di dapat dari supernaturalacnetreatment.com

35. Masker Lobak 

cara menghilangkan jerawat Gizmodo.com menjelaskan cara menghilangkan jerawat adalah dengan lobak. Lobak mempunyai berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, minyak atsiri, kolin, niacin, kalsium, zat besi, fosfor dan asam oksalat yang dapat membantu menghilangkan jerawat. 

Caranya: Siapkan ½ Lobak yang sudah dibersihkan, kemudian lembutkan dengan cara di blender. Setelah itu tambahkanlah minyak zaitun dan tempelkan pada wajah ataupun wajah yang terkena jerawat.

36. Masker Blueberry

cara menghilangkan jerawat Blueberry mengandung vitamin A, B kompleks, C dan E, kalium, seng, tembaga, besi dan magnesium. Blueberry juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang mampu untuk menghilangkan jerawat. Tips ini di dapat dari naturalwellness.com

Caranya: Siapkan blueberry 4-7 buah. Kemudian haluskan dengan cara di blender dan masukan juga air lemon 1 sendok makan. Kemudian di oleskan pada bagian wajah ataupun badan yang terkena jerawat.

37. Bunga Marigold

cara menghilangkan jerawat Bunga Marigold merupakan bahan yang menakjubkan untuk mengobati jerawat. Namun sayangnya di Indonesia bunga ini jarang sekali ditemukan. Hal itu disebabkan karena bunga ini memiliki zat anti-bakteri serta anti-inflamasi yang tinggi yang dapat menghilangkan jerawat secara efektif.

Caranya: Lembutkan bunga marigold dengan menumbuknya. Kemudian tambahkan minyak zaitun 1 sendok  kedalamnya. Lalu tempelkan ke muka atau daerah kulit yang terkena jerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilaslah dengan air hangat. Informasi ini di dapat dari makeupandbeautyhome.com

38. Air Kelapa

cara menghilangkan jerawat Thehealthsite.com menjelaskan bahwa salah satu cara menghilangkan jerawat adalah menggunakan air kelapa. Air kelapa terbukti sebagai salah satu cara mengobati jerawat. Ini disebabkan air kelapa memiliki zat antimikroba, antivirus dan antijamur yang dapat menjaga kulit anda aman dari infeksi.

Caranya: Cukup masukan bola-bola kapas kedalam air kelapa, kemudian tempelkan pada bagian kulit yang terkena jerawat. Dan lakukanlah setiap hari sampai anda mendapatkan hasilnya.

39. Jintan Hitam

cara menghilangkan jerawat Jintan hitam memberikan vitamin A, B, dan C, bersama dengan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, dan seng, memberikan kulit apa yang dibutuhkan untuk memulihkan dan memperbaiki diri. Tips ini di dapat dari annmariegianni.com

Caranya: Anda hanya perlu menyediakan jintan hitam secukupnya, kemudian masukan ke dalam air untuk di didihkan. Setelah itu gunakan air tersebut untuk bagian kulit yang terkena jerawat. Lakukan hal ini dengan rutin sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

40. Biji Adas

cara menghilangkan jerawat Biji adas merupakan biji yang sangat baik sebagai cara mengobati jerawat karena memiliki kandungan zat antiseptik  dan antioksidan yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat.

Caranya: Rebus ½ ons biji adas, kemudian gunakan airnya untuk jerawat yang ada di wajah ataupun badan anda. Tips ini di dapat dari goindiya.blogspot.co.id

41. Jamuns (Blackberry India)

cara menghilangkan jerawat Bollywoodshaadis.com menjelaskan bahwa Buah jamuns ini juga memiliki kandungan-kandungan antioksidan dan vitamin c yang sangat tinggi dan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat.

Caranya: Haluskan jamuns dengan cara di blender. Kemudian oleskan hasilnya pada bagian wajah yang terkena jerawat. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan hal ini sampai jerawat anda hilang. 

42. Biji Ajwain (Biji dari Pakistan)

cara menghilangkan jerawat Biji ajwain ini merupakan salah satu biji yang sangat baik untuk menghilangkan masalah kulit termasuk jerawat. Karena memiliki zat- zat yang sangat baik bagi proses menghilangkan jerawat. Tips ini di dapat dari beautifulpeople2011.blogspot.co.id

Caranya: Sediakan 1 ons biji ajwain dan rebuslah kedalam air. Gunakan air tersebut pada bagian kulit yang terkena jerawat. Lakukan cara ini sampai jerawat anda hilang.

43. Tepung Gandum

cara menghilangkan jerawat Tepung gandum memiliki kandungan Vitamin B kompleks, zat besi, kalsium, kalium dan seng yang tinggi yang secara efektif membantu menghilangkan jerawat.

Caranya: Campurkanlah ½ ons gandum atau jumlah yang sekiranya cukup untuk mengobati bagian kulit yang terkena jerawat, kemudian tambahkan air lemon. Setelah itu tempelkan lah pada bagian yang terkena jerawat. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukanlah hal ini sampai anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Cara menghilangkan jerawat dengan tepung gandup ini di dapat

dari beautyglimpse.com.

44. Anggur

cara menghilangkan jerawat Livestrong.com menjelaskan bahwa anggur mengandung vitamin A, B kompleks, C dan E, kalium, seng, tembaga, besi dan magnesium yang sangat baik untuk mengobati jerawat.

Caranya: Sediakan anggur 4-5 butir, kemudian hancurkan dengan cara di blender. Kemudian campurkan lemon 1 sendok kedalamnya, lalu tempelkan pada bagian kulit yang terkena jerawat.

45. Kacang Almond

cara menghilangkan jerawat Menurut situs WH Foods, seperempat cangkir almond mengandung hampir setengah dari nilai harian kebutuhan vitamin E. Almond juga memiliki tingkat magnesium, riboflavin, tryptophan, tembaga dan fosfor yang tinggi. Tips ini di dapat dari livestrong.com. 

Caranya: Sediakan kacang almond sekitar 1 ons. Kemudian hancurkan dengan cara di tumbuk. Tambahkanlah air pada kacang almond yang telah menjadi serbuk, sehingga anda bisa menggunakannya pada wajah anda yang terkena jerawat.

46. Gunakan tabir surya (krim pelindung sinar matahari)

cara menghilangkan jerawat Gunakanlah tabir surya setiap kali anda berada di bawah sinar matahari, karena akan membantu anda terhindar dari jerawat. Jika anda cenderung berjerawat, carilah bahan-bahan kimia yang lebih ringan seperti avobenzone, oxybenzone, metoksisinamat, octocylene, dan zinc oksida. Informasi cara menghilangkan jerawat ini di dapat dari  livestrong.com

47. Bunga Mawar

cara menghilangkan jerawat Dalam studi tahun 2002 ini, bunga mawar ditemukan sebagai cara menghilangkan jerawat yang efektif membunuh Staphylococcus aureus, strain sekunder bakteri yang menyebabkan  peradangan di kulit dan terkait dengan eksim dan dermatitis.  Dr. Heather Woolerry, seorang spesialis pigmentasi kulit menjelaskan bahwa ekstrak bunga mawar juga sangat baik untuk  menghilangkan jerawat.

Caranya: Sediakan bunga mawar kurang lebih ½ ons, lalu rebus lah di dalam air. Gunakan air ini untuk mencuci muka terutama bagian yang terkena jerawat. Bisa juga menggunakan media kapas untuk membantu proses pembersihan jerawat. Informasi cara menghilangkan jerawat ini berasal dari thedermablog.com.

48. Masker Mangga

cara menghilangkan jerawat Stylecraze.com menjelaskan bahwa Mangga mempunyai kandungan Vitamin E serta kaya akan antioksidan. Sangat baik untuk membantu menghilangkan jerawat pada wajah anda.

Caranya: Sediakan mangga ½ ons, kemudian hancurkan dengan cara di blender. Tambahkan susu secukupnya dan juga madu. Lalu terapkan pada wajah yang terkena jerawat.

Temukan cara menghilangkan jerawat seperti ini disini, klik gambar:

cara menghilangkan jerawat

 


MENGHILANGKAN JERAWAT SECARA INTERNAL:

49. Mengkonsumsi Strawberry

cara menghilangkan jerawat Strawberry mengandung hampir 100% dari RDA untuk vitamin C dan studi telah menemukan bahwa hal tersebut sangat baik diserap oleh tubuh manusia. Tubuh menggunakan vitamin C untuk menjaga hormon stres kortisol turun, dan sangat efektif menyembuhkan  jerawat yang sudah lama.

50. Mengkonsumsi Semangka

cara menghilangkan jerawat Semangka merupakan buah yang memiliki jumlah yang baik dari vitamin C, seperti yang di miliki  kebanyakan buah-buahan, tetapi hal yang berbeda adalah kemampuannya untuk menghasilkan nitrat oksida dalam tubuh Anda. Semangka merah mengandung jumlah tinggi dari asam amino yang dikenal sebagai l-citrulline yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat.

51. Mengkonsumsi Buah Delima

cara menghilangkan jerawat Buah delima memiliki jumlah yang tertinggi dalam zat antioksidan di bandingkan buah yang lainnya. 100 gram buah delima mengandung zat antioksidan yang sama dengan blueberry, 2,5 lebih banyak dari stroberi, 2 kali lebih banyak daripada raspberry, dan jauh lebih banyak dari buah-buahan lainnya seperti anggur atau pisang. Oleh karena itu mengkonsumsi buah delima merupakan cara menghilangkan jerawat yang baik.

52. Blackberry, Blueberry, dan Rapsberry

cara menghilangkan jerawat Hampir semua berry adalah bagian yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat. Buah-buahan ini kaya senyawa buah klasik yang dapat membantu menghilangkan jerawat dengan sangat baik karena memiliki zat antioksidan dan fitonutrien anti- peradangan. Zat-zat ini sangat baik untuk membantu menghilangkan peradangan pada jerawat.

53. Mengkonsumsi Jeruk

cara menghilangkan jerawat Mengkonsumsi jeruk sangatlah baik untuk memulihkan kondisi kulit yang terkena jerawat. Dengan membiasakan mengkonsumsi jeruk, maka anda akan mendapatkan vitamin c yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat.

Semua informasi dari 49- 53 berasal dari supernaturalacnetreatment.com


CARA MENGHILANGKAN JERAWAT MELALUI KEBIASAAN:

54. Mengganti sarung bantal setiap hari

cara menghilangkan jerawat Percaya atau tidak, dengan mengganti sarung bantal setiap hari maka anda dapat mengurangi jumlah jerawat yang ada pada diri anda. Sarung bantal yang kotor dan berminyak justru akan semakin memperparah kondisi jerawat bahkan jumlah jerawat anda akan semakin bertambah. Informasi cara menghilangkan jerawat ini berasal dari huffingtonpost.com

55. Jangan terlalu sering tangan anda menyentuh wajah anda

cara menghilangkan jerawat Huffingtonpost.com menjelaskan bahwa salah satu cara menghilangkan jerawat adalah membatasi sentuhan tangan anda terhadap wajah anda dapat membantu anda mengurangi jerawat yang ada di wajah anda.

Menurut Dr.shamban, ia menjelaskan bahwa terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan akan menyebabkan terjadinya transfer bakteri, kuman, virus yang mungkin berada pada tangan anda. Oleh karena itu penting memperhatikan kebersihan tangan sebelum menyentuh wajah, misalnya dengan mencuci tangan terlebih dahulu.

56. Mencuci muka ketika siang dan malam hari sebelum tidur

cara menghilangkan jerawat Mencuci wajah anda menggunakan air yang bersih setelah melakukan aktifitas diluar ruangan terutama ketika pagi dan malam hari sebelum tidur merupakan kebiasaan yang baik untuk menghilangkan jerawat. 

Menurut penelitian Departemen Dermatologi dan Neurobiologi & Anatomi di Wake Forest University School of Medicine, menjelaskan bahwa mencuci muka di siang hari dapat membantu anda mengurangi minyak berlebih yang ada di wajah anda. 

Sedangkan mencuci muka di malam hari dapat membantu menambah cairan di wajah anda, sehingga tidak terjadi dehidrasi kulit. Informasi salah satu dari cara menghilangkan jerawat ini adalah dari futurederm.com

57. Mengurangi penggunaan make-up yang berlebih

cara menghilangkan jerawat Sheknows.com menjelaskan bahwa salah satu cara menghilangkan jerawat adalah mengurangi penggunaan make up bagi anda yang biasa melakukannya adalah langkah yang baik untuk menghilangkan jerawat.

Menurut Dr.Jessica Krant, bersertifikat dokter spesialis kulit, pendiri Art of Dermatology dan profesor klinis asisten dermatologi di SUNY Downstate Medical Center di Brooklyn, New York, menuturkan bahwa menggunakan make berlebih daptat menyebabkan iritasi, ruam, jerawat dan kondisi menjengkelkan lainnya, tapi di satu sisi juga dapat  melindungi kulit dari kerusakan.

58. Stop merokok!


Dengan menghentikan kebiasaan buruk ini, maka anda telah 
melakukan cara untuk menghilangkan jerawat yang cara menghilangkan jerawat baik bagi anda yang memiliki kebiasaan buruk ini. Penelitian di Italia menunjukan kaitan yang erat antara munculnya jerawat dan merokok. 

Kebiasaan merokok dapat membuat anda kehilangan sistem imun tubuh, sehingga akan menyebabkan mudah terkena penyakit, termasuk adalah penyakit kulit yang satu ini yaitu jerawat. Kebiasaan merokok juga dapat mengurangi jumlah Vitamin E dalam tubuh yang berguna untuk kesehatan kulit. Informasi cara menghilangkan jerawat ini berasal dari acneeinstein.com

59. Jangan meremas jerawat anda…

cara menghilangkan jerawat Livestrong.com menjelaskan bahwa menurut laporan Georgetown University Health Education Services menjelaskan bahwa meremas jerawat hanya akan memperburuk jerawat.

Bahkan kondisi terburuknya adalah jerawat yang sudah diremas tersebut  mengakibatkan iritasi kulit sehingga akan meninggalkan bekas jerawat yang jauh lebih lama dan jerawat tersebut akan terjebak di daerah sekitarnya.  

60. Minumlah minimal 8 gelas air putih setiap hari

cara menghilangkan jerawat Pada bulan Oktober, wanita berumur 42 tahun, Sara Smith, mengungkapkan kepada MailOnline bagaimana efek dari minum tiga liter air sehari membuatnya tampak sepuluh tahun lebih muda.

Hal ini disebabkan kulit tidak kekurangan cairan, sehingga kulit menjadi lebih sehat. Begitu juga anda yang memiliki masalah dengan jerawat, cara untuk menghilangkan jerawat ini pun sangat baik untuk anda biasakan. Informasi ini di dapat dari dailymail.co.uk

61. Kurangi stress

cara menghilangkan jerawat Webmd.com Pada tahun 2003, sebuah studi Stanford University yang diterbitkan dalam Archives of Dermatology menemukan bahwa mahasiswa memiliki jerawat yang lebih banyak saat periode ujian berlangsung.  Jerawat sangat erat sekali dengan adanya tingkat stres para penderitanya. Dengan mengurangi stres maka anda  akan mampu mengurangi bahkan menghilangkan jerawat juga.

62. Kurangi atau Hentikan konsumsi alkohol

cara menghilangkan jerawat Mengkonsumsi alkohol terlalu banyak dan rutin akan menyebabkan sistem imun tubuh akan berkurang. Sehingga akan mudah terkena masalah-masalah lainnya, tak terkecuali jerawat. Dengan mengurangi bahkan menghentikan konsumsi alkohol dapat membantu anda menghilangkan jerawat. Informasi ini di dapat dari exposedskincare.com

63. Tidur yang cukup

cara menghilangkan jerawat Dalam sebuah penelitian, resiko terkena stres meningkat sebesar 14% seiring dengan kehilangannya satu jam waktu istirahat malam. Menurut penelitian yang lain, Sonia Badreshia-Bansal, seorang ahli dermatologis mengungkapkan bahwa stres mengingkatkan produksi glukokortikoid, yang dapat menyebabkan kelainan lain pada kulit dan fungsi kulit lainnya. Oleh karena itu, salah satu cara menghilangkan jerawat yang baik adalah dengan membiasakan tidur secukupnya.

64. Olahraga dengan rutin

cara menghilangkan jerawat Dengan melakukan aktifitas fisik secara rutin yaitu dengan cara berolahraga, maka hal tersebut akan berpengaruh positif terhadap sirkulasi darah yang akhirnya berdampak positif terhadap kondisi jerawat anda. Tapi perlu dicatat bahwa keringat juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Oleh karena itu penting setelah keringat sudah tidak keluar lagi, untuk segera mandi. Cara menghilangkan jerawat dengan berolahraga merupakan kebiasaan yang baik untuk anda.

65. Jadilah penggemar Omega-3

cara menghilangkan jerawat Omega-3 telah terbukti untuk mengontrol produksi leukotrien B4, molekul yang dapat meningkatkan sebum dan menyebabkan peradangan jerawat. Omega-3 banyak sekali ditemukan diantaranya pada ikan salmon dan alpukat.

66. Bersihkan Hp anda secara rutin

cara menghilangkan jerawat Beberapa studi telah menunjukkan bahwa ponsel adalah “lahan subur” bagi kuman. Sepanjang hari, ponsel anda bisa terkena ribuan bakteri, yang menyebar melalui jari-jari Anda (melalui SMS) ke wajah Anda (melalui berbicara) dan sebaliknya. 

Selain itu, panas yang dihasilkan oleh telepon Anda dapat membantu bakteri untuk berkembang biak. Untuk menjaga kuman mendarat di wajah Anda, bersihkan permukaan telepon Anda dengan sanitizer setiap hari.

67. Waspada terhadap produk perawatan rambut dan sejenisnya

cara menghilangkan jerawat Produk perawatan rambut termasuk conditioner, shampo, gel, dan hair spray dapat menyebabkan terjadinya jerawa, karena ini terjadi ketika minyak dari produk perawatan rambut meresap ke dalam kulit, biasanya sekitar garis rambut, dan akhirnya terperangkap dan menyebabkan jerawat. 

Untuk mengatasi masalah ini, gunakan shampo rambut terlebih dahulu sebelum anda mencuci wajah, sehingga minyak tersebut dapat hilang ketika anda membersihkan muka anda.

Referensi 61 sampai 67 berasal dari webmd.com.

68. Konsumsi bayam secukupnya

cara menghilangkan jerawat Makanan pertama dalam daftar makanan yang menyebabkan jerawat adalah bayam. Bayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Hal itu sangat baik terutama pada orang-orang yang ingin mempunyai kulit yang sehat.

Namun demikian, bayam juga mengandung yodium, yang dapat menyebabkan jerawat apabila anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Oleh karena itu menghilangkan jerawat yang alami salah satunya adalah mengatur konsumsi bayam berlebih.

69. Kurangi Konsumsi Keju dan sejenisnya

cara menghilangkan jerawat Cara menghilangkan jerawat menurut penelitian dari buku The Clear Skin Diet, konsumsi terhadap keju, krim, krim, karamel harus dibatasi karena mengandung zat progesteron dan steroid yang dapat memberikan pada efek negatif tubuh kita karena dapat meningkatkan aktivitas lemak kelenjar, yang mengarah pada timbulnya jerawat.

70. Mengurangi konsumsi minuman berkafein

cara menghilangkan jerawat Dengan mengkonsumsi kafein yang berlebih maka itu akan berdampak pada masalah tidur anda. Apabila tidur anda tidak berkualitas, maka inilah yang akhirnya akan menyebabkan terjadinya jerawat pada wajah anda. Cara menghilangkan jerawat dengan mengurangi konsumsi makanan atau minuman berkafein dapat membantu anda mendapatkan kualitas tidur yang di harapkan.

71. Mengurangi konsumsi Popcorn

cara menghilangkan jerawat Mungkin popcorn sangat lezat dan mungkin makanan favorit banyak orang di dunia. Akan tetapi komposisi popcorn mengandung konten yang kaya lemak trans, pati, dan produk susu. Oleh karena itu, popcorn adalah makanan yang dapat menyebabkan anda memiliki jerawat yang lebih banyak . Dengan mengurangi konsumsi popcorn, maka ini merupakan cara menghilangkan jerawat yang baik bagi anda.

72. Mengurangi konsumsi cokelat

Dr Ava Shamban mengatakan bahwa ada sedikit bukti yang cara menghilangkan jerawat menjelaskan coklat berpengaruh terhadap munculnya jerawat. Akan tetapi beliau menunjukan suatu studi bahwa mengkonsumsi kandungan gula yang tinggi dapat meningkatkan  produksi sebum yang secara otomatis menyebabkan tumbuhnya jerawat.

73. Konsumsi makanan pedas menstimulus jerawat

cara menghilangkan jerawat Mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung rempah-rempah yang pedas, seperti cabai merah dan rempah panas lainnya dapat menstimulus munculnya jerawat. Bahkan, sebuah studi 2006 di Yordania yang diterbitkan dithe Eastern Mediterranean Health Journalmenunjukkan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak bahan makanan pedas dapat menimbulkan jerawat. Maka cara menghilangkan jerawat yang baik salah satunya adalah mengurangi konsumsi makanan yang pedas

74. Menghindari diet yang tidak sehat

cara menghilangkan jerawat Sebuah penelitian dari Universitas Melbourne yang melakukan wawancara terhadap mahasiswa tingkat akhir mengenai beberapa makanan penyebab jerawat. 41 % dari peserta interview menjawab bahwa diet sangat berkaitan erat dengan timbulnya jerawat. Hal ini disebabkan karena terjadi pembentukan hormon yang tidak normal karena diet yang tidak sehat yang menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Informasi 71 sampai 75 berasal dari vkool.com 

75. Pergi ke dokter spesialis kulit/ kecantikan

cara menghilangkan jerawat Pergi ke dokter spesialis kulit/ kecantikan merupakan cara yang cukup baik untuk menghilangkan jerawat. Hanya saja mungkin anda harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk bisa menghilangkan jerawat dengan cara ini.

Demikianlah 75 Tips cara menghilangkan jerawat yang telah dirangkum oleh JK dari berbagai referensi yang terpercaya. Apabila anda ingin cara yang lebih cepat dan terbukti secara klinis mampu menghilangkan jerawat,  maka kami merekomendasikan anda melakukan di pengobatan dari dalam tubuh dan luar tubuh. Glucoberry  sebagai pengobatan dalam dan Anti Acne Cream Greenworld sebagai pengobatan luar,  dapat menjadi perpaduan yang sangat sempurna sebagai solusi terbaik dan tuntas menyelesaikan masalah jerawat dan masalah kulit lain anda.

Apabila anda memiliki masalah seperti dibawah ini, klik disini

cara menghilangkan jerawat

cara menghilangkan jerawat

Jembatan Kesehatan

1 Comment

  1. Pingback: Virus Zika kemungkinan menyebar di Eropa musim panas ini

Comments are closed.